Sukses


Timnas Voli Indonesia Janji Tampil Beda Lawan Jepang di Semifinal

Bola.com, Gresik - Timnas voli Indonesia menghadapi laga berat pada semifinal Kejuaraan Asia Voli 2017 kontra Jepang, di GOR Tri Dharma, Gresik, Senin (31/7/2017). Tim Merah Putih janji bermain beda demi mengamankan satu tiket ke partai puncak. 

Selain berstatus juara bertahan, Jepang juga pernah menundukkan Indonesia pada laga kedua babak delapan besar dengan skor telak 3-0. Kedua tim bisa dibilang sudah sama-sama tahu kekuatan masing-masing. Pelatih Timnas voli Indonesia, Samsul Jais, mengakui pertandingan lawan Jepang di semifinal sangat sulit bagi Tim Merah Putih.

Menurut Jais, Jepang tim yang sangat lengkap. Mereka memiliki keunggulan di postur badan pemain, teknik yang nyaris sempurna, dan kerja sama tim yang bagus. "Melawan tim seperti ini pasti akan menguras tenaga dan pikiran. Karena mereka nyaris tak memiliki kelemahan," tutur Jais. 

Jepang berbeda dengan dua tim kuat yang sudah dikalahkan Indonesia pada ajang ini. Indonesia menundukkan Qatar pada babak 8 besar dan di luar dugaan membekap runner-up pada 2015, Iran. Meski secara postur badan pemain Qatar dan Iran hampir sama dengan Jepang, spike penggawa Jepang dinilai lebih keras dan tajam.

Dari segi stamina, Jepang juga tak kalah dengan Indonesia yang tampil prima sepanjang penyisihan grup hingga babak 8 besar lalu. Menurut Jais, anak buahnya sulit mencari celah kelemahan Jepang. 

Namun, Jais menegaskan Timnas akan tampil beda dibanding pertemuan pertama. Jais telah mengubah cara main timnya agar tak jadi bulan-bulanan Jepang.  "Kami telah mengevaluasi tim ini saat kalah dari Jepang. Kami tahu strategi apa yang kami mainkan agar bisa memberi perlawanan di laga ini," ujar Jais.

Jais mengklaim sudah menyiapkan pemain yang akan diturunkan sebagai starter dan cadangan. Ia mengaku sudah mengetahui siapa saja pemain yang tampil bagus bila dimainkan sebagai starter, dan yang justru tampil gemilang masuk dari bangku cadangan.

Samsul Jais berharap taktik yang akan diterapkannya tersebut bisa meredam Jepang, sekaligus merebut tiket ke final Kejuaraan Asia Voli 2017

Video Populer

Foto Populer