Sukses


Sean Gelael Makin Nyaman Geber Mobil F1 Toro Rosso

Bola.com, Budapest - Pebalap Indonesia, Sean Gelael, melahap 101 lap saat menjalani tes Formula 1 bersama Toro Rosso di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Selasa (1/8/2017). Driver berusia 21 tahun tersebut mengaku makin nyaman dengan mobil F1 STR12 milik Toro Rosso yang digebernya. 

Sean memacu mobil STR12 yang biasanya dipakai pebalap Toro Rosso asal Spanyol, Carlos Sainz Jr, dan mencatat putaran terbaik 1 menit 20,341 detik.

Sean dan Toro Rosso mencoba bagian mobil yang berkaitan dengan aerodinamis. Sayangnya, setelah sekitar 90 menit sesi berjalan, mobil Sean bermasalah. Asap sempat keluar dari bagian belakang mobil Sean. Mekanik Toro Rosso segera memperbaiki mobil, sehingga Sean bisa kembali ke lintasan dan melakukan lima putaran sebelum jeda istirahat. Total, dia menyelesaikan 23 putaran pada bagian pertama sesi ini.

Setelah makan siang, Sean kembali menguji setting-an mobil dengan memakai ban soft dan supersoft. Namun, dia masih belum bisa menyamai catatan waktu pebalap lain dan berada di posisi paling bawah daftar pencatat putaran tercepat. Satu jam sebelum sesi berakhir, Sean memakai ban ultrasoft dan akhirnya bisa memperbaiki catatan putarannya.

Sean berada di urutan ke-8 dari 12 pebalap yang turun pada hari pertama tes ini. Secara umum, Sean mengaku puas dengan hasil tes bersama Toro Rosso ini. Meski sempat ada kendala mesin dan radio komunikasi, tes bisa diselesaikan dengan baik. "Yang pasti, tes ini memberi banyak pengalaman dan pembelajaran buat saya," kata Sean.

Pesaing Sean di ajang balap Formula 2 (F2) dari tim Prema Racing, Charles Leclerc (Monaco), juga turun pada hari pertama tes di Hungaroring. Bersama Ferrari, dia menjadi pebalap dengan catatan putaran tercepat (1 menit 17,746 detik). Stoffel Vandoorne (Belgia) dari tim McLaren berada di urutan kedua. Vandoorne merupakan juara GP2 Series (sebelum berganti nama menjadi Formula 2) 2015. Sementara itu, Valtteri Bottas (Mercedes) mencatat putaran tercepat ketiga. Bottas turun hanya untuk mengetes ban Pirelli, sehingga tidak banyak mengubah setting-an mobil dan jumlah lap yang dilahap pun lebih banyak.

Bagi Sean, ini merupakan kali kedua dia memacu mobil Formula 1. April lalu, dia juga mendapat kepercayaan dari Toro Rosso untuk menguji mobil mereka pada tes yang dilakukan di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. Ketika itu, Sean turun dengan memakai mobil yang biasa dipacu pebalap Toro Rosso dari Rusia, Daniil Kvyat.

Setelah tes ini, Sean Gelael punya waktu istirahat sekitar satu bulan sebelum menjalani seri ke-8 F2 2017 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, 25-27 Agustus. 

Video Populer

Foto Populer