Sukses


    Presiden Jokowi Lepas Anak Panah pada Countdown Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menghadiri acara countdown atau hitung mundur Asian Games 2018 di Monumen Nasional, Jumat (18/8/2017). Presiden akan menginisiasi acara upacara countdown dengan melepaskan anak panah ke target berupa Light Emmiting Diode (LED).

    LED yang dibidik Jokowi tersebut akan menghidupkan semua cahaya dan multimedia , sekaligus dimulainya hitung mundur pada dua jam digital di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Stadion Gelora Sriwijaya, di Jakabaring, Palembang.

    Seremonial acara hitung mundur memang digelar di dua tempat. Selain di Monas, acara serupa juga dihelat di Benteng Kuto Besak, di tepi Sungai Musi, Palembang.

    Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir mengatakan acara countdown menujukkan keseriusan Indonesia untuk menjadi tuan rumah rumah yang sukses.

    "Saya yakin pentas upacara countdown bakal menjadi kebanggaan. Ini juga menjadi pertanda pelaksanaan Asian Games 2018 semakin dekat," kata Erick Thohir, dalam konferensi pers di Kantor INASGOC, Senayan, Selasa (15/8/2017).

    Countdown Asian Games mengambil tema "Energy of Asia". Acara ini dibagi menjadi dua segmen.

    Segmen pertama berupa seremonial yang akan disiarkan seluruh televisi di Indonesia, dimulai pada pukul 19.00.

    "Segmen pertama berlangsung selama 30 menit. Presiden akan memberikan sambutan, kemudian ada juga tari kolosal dan atraksi drone," kata Direktir Departemen Seremonial, Wishnutama.

    Tari kolosal yang akan ditampilkan berjudul Ruwat Bumi, yang melibatkan 150 penari. Tari ini menceritakan penunjukkan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menjadi momentum untuk menunjukkan jati diri sebagai penyelenggara yang baik dan mampu berprestasi. Ruwat Bumi merupakan karya koreografer Indonesia, Eko Pece, yang berkiprah di panggung seni tari internasional.

    "Untuk aksi drone jumlahnya 300. Untuk memecahkan rekor harusnya jumlah drone 500. Tapi, karena keterbatasan anggaran jumlah drone hanya 300," kata Wishnutama, tentang detail acara pada countdown Asian Games 2018

    Video Populer

    Foto Populer