Asian Games 2018 Tak Pakai Wasit yang Dinilai Curang di SEA Games

Oleh Ronald Seger Prabowo pada 13 Sep 2017, 10:05 WIB
Menpora, Asian Games 2018, SEA Games 2017

Bola.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menjelaskan, pemerintah telah melakukan langkah konkret dalam menyikapi wasit maupun juri yang bekerja tidak adil pada SEA Games 2017. Salah satunya melarang wasit tersebut untuk memimpin ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta.

"Itu jadi pelajaran penting dan saya sudah minta INASGOC (Panitia Penyelenggara Asian Games) dan OCA (Dewan Olimpiade Asia) untuk tidak menggunakan juri dan wasit yang bekerja tidak sportif," ujar Menpora saat melepas kontingen Indonesia untuk ASEAN Paragames 2017 di Solo, Selasa (12/9/2017).

Seperti diketahui, kontingen Indonesia beberapa kali merasa dicurangi wasit. Sebut saja tim sepak takraw putri Indonesia yang memutuskan tidak melanjutkan pertandingan saat Indonesia unggul 16-10 pada set kedua melawan Malaysia.

Saat itu, wasit asal Singapura memberikan sejumlah keputusan yang dianggap merugikan tim Merah Putih dan menguntungkan tuan rumah. Tim sepak takraw putri akhirnya memilih walk out (WO).

Menpora meminta hal ini dicermati kontingen Indonesia pada ajang ASEAN Games 2017. Dia meminta semua pihak segera melakukan protes jika memang ada indikasi wasit atau juri bertindak tidak adil agar kejadian pada ajang SEA Games tak terulang lagi.