Sukses


Blunder Tuan Rumah Jadi Kunci Kesuksesan Indonesia pada APG 2017

Bola.com, Kuala Lumpur - Tinta emas ditorehkan Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games (APG) 2017. Kontingen Merah Putih meraih juara umum setelah mengoleksi 117 medali emas.

Jumlah tersebut cukup untuk memupus asa tuan rumah, Malaysia yang mengumpulkan 89 emas. Gelar ini juga mengulangi kesuksesan tim Merah Putih saat terjun di ajang serupa di Myanmar, 2013 silam.

Humas NPC Indonesia, Heri Isranto menyebut prestasi itu sekaligus sebagai pembuktian Indonesia di ASEAN Para Games. Apalagi jumlah medali yang telah terkumpul melebihi target sebelumnya yakni 107 emas.

''Hasil juara umum sesuai target kami sedari awal. Kami optimistis bisa meraih itu karena sudah bersiap dengan matang dan alhamdulillah tercapai. Ini sesuai janji kita untuk bangsa dan negara,'' ungkap Heri Isranto saat dihubungi, Sabtu (23/9/2017) dini hari.

Heri menjelaskan, tinta emas tersebut buah kerja keras seluruh atlet maupun pelatih selama pemusatan latihan. Selain itu, keputusan Malaysia yang menghilangkan beberapa cabor andalan Thailand selaku peraih gelar juara justru menjadi blunder. Beberapa cabor andalan Indonesia mampu tampil impresif bahkan melebihi target dan ekspektasi sebelumnya.

''Banyak cabor andalan Thailand yang hilang justru menguntungkan kami untuk berpacu meraih medali emas di cabang andalan. Ada beberapa cabor yang prestasi atetnya cukup mengejutkan,'' ujar dia.

Kesalahan strategi yang dilakukan tuan rumah Malaysia. Dia mengklaim banyak cabor andalan Thailand yang digembosi, dengan menghilangkan banyak nomor pertandingan. Hal itu justru memudahkan Indonesia yang lagi bersemangat mempersembahkan gelar dan musim depan mengikuti ASIAN Para Games 2018.

Sejumlah cabor memang menunjukkan performa menawan. Atletik misalnya dengan menempatkan Indonesia sebagai juara umum dengan torehan 40 medali emas, 28 perak dan 17 perunggu. Padahal target awal hanya dipatok mendapat 36 medali emas.

Lalu catur yang menasbihkan diri menjadi juara cabor dengan perolehan 14 emas. Raihan ini melebihi target awal yang hanya menginginkan 12 emas. Hingga renang yang mempersembahkan 39 emas, 13 perak, dan 12 perunggu dari target 30 emas pada ajang ASEAN Para Games  (APG) 2017.

Video Populer

Foto Populer