Sukses


Gopichand Ungkap Kunci Kebangkitan Bulutangkis India

Bola.com, Hyderabad - Bulutangkis India sedang menikmati masa-masa keemasan setelah dua pemain andalan mereka, Srikanth Kidambi dan Pusarla V. Sindhu, sama-sama menempati peringkat kedua versi BWF. 

Kebangkitan dan revolusi bulutangkis India tersebut dinilai berkat tangan dingin pelatih Pullela Gopichand. Namun menurut sang pelatih, cerita kesuksesan bulutangkis India tersebut kombinasi dari berbagai faktor. 

"Ini kulminasi dari banyak hal. Kontribusi setiap dan semua orang sangat penting. Mereka antara lain Otoritas Olahraga India, pemerintah, sponsor, pelatih, dan juga pemain senior seperti Saina Nehwal dan Parupalli Kashyap," ujar Gopichand, seperti dilansir Times of India, Selasa (6/11/2017).  

"Saina dan Kashyap membuat pemain lain yakin kesuksesan di level tertinggi bisa dicapai," sambung dia. 

Mantan pebulutangkis India, Aparna Popat, mengaku tak menyangka prestasi negaranya bisa melejit setinggi ini di kancah olahraga tepok bulu dunia. 

"Saya tak berpikir kami bisa mencapai level ini," kata Aparna. 

Srikanth naik ke posisi kedua di sektor tunggal putra berkat keberhasilan memenangi Prancis Terbuka Super Series 2017. Total, Srikanth telah mengoleksi empat gelar, setelah juga naik podium utama pada Denmark Terbuka Super Series Premier, Indonesia Open Super Series Premier, dan Australia Terbuka Super Series. 

Shindu sudah lebih dulu bertengger di peringkat kedua pada beberapa pekan sebelumnya. Bagi India, ini kali pertama mampu menempatkan dua pebulutangkis sekaligus di peringkat kedua dunia. 

Srikanth Kidambi bahkan punya kans menggusur Viktor Axelsen dari ranking satu dunia dalam waktu dekat. Kedua pemain kini hanya berselisih 4.527. Di sektor tunggal putri, Pusarla V. Sindhu masih butuh waktu lama plus penampilan konsisten untuk mengejar Tai Tzu Ying yang menempati ranking satu dunia. Kedua pemain dipisahkan margin 13.053 poin.

 

Video Populer

Foto Populer