Sukses


Pelatih Merpati Bali Dapat Kesempatan Magang di Amerika Serikat

Bola.com, Jakarta - Pelatih Merpati Bali, Bambang Asdianto Pribadi, mendapat kesempatan berharga dari Federasi Bola Basket Dunia (FIBA). Pria yang akrab disapa Coach Bing itu menimba ilmu selama lebih dari satu bulan di Amerika Serikat.

Coach Bing berkesempatan mengikuti program International Coach Apprenticenship in Basketball. Program ini merupakan kerja sama Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC) dengan FIBA.

"Saya berangkat 8 Oktober dan akan pulang pada 13 November 2017. Ada lima pelatih termasuk saya. Empat pelatih lain berasal dari Thailand, Malta, Siprus dan Estonia. Kami ditempatkan berbeda," ungkap Coach Bing kepada Bola.com, Selasa (7/11/2017).

"Jadi tiga hari awal kami ditempatkan di Universitas Delaware. Kami menerima materi tentang bola basket kampus di Amerika, lalu pembahasan soal analisa pertandingan. Ada juga materi lain yang dibahas."

"Setelah itu, kami ditempatkan di sebuah tim selama 29 hari. Saya kebetulan ditempatkan di tim putri Universitas Duquesne di kota Pittsburgh. Tim ini tergabung di konferensi A10 divisi 1. Kemudian kami berkumpul lagi di Universitas Delaware selama tiga hari untuk memberikan laporan dan berbagi tentang apa yang kami dapat," tambahnya.

Pria yang juga asisten pelatih tim nasional bakset putri Indonesia ini mengatakan sudah mengincar kesempatan ini setelah pulang dari SEA Games Singapura. Dia mendapatkan info soal program ini dari William F. McCammon, pria yang sebelumnya menangani timnas putri dan Bima Sakti.

"Beberapa bulan lalu FIBA memberikan kesempatan kepada beberapa negara untuk mengikuti program ini. Dari Indonesia ada dua orang yang mengajukan diri, salah satunya saya. Ketika itu, Ketum Perbasi Danny Kosasih meminta saya untuk ikut," tutur Coach Bing.

"Kalau saya yang terpilih, saya harus memberikan ilmu ini kepada semua pelatih di Indonesia karena saya memang ditempatkan di bidang kepelatihan. Ternyata, saya yang terpilih," sambung pria yang membawa Merpati Bali menjadi runner up pada turnamen bola basket putri tahun 2016 tersebut.

Video Populer

Foto Populer