Sukses


Jabar Tuan Rumah 2 Ajang Bola Voli Pantai Nasional

Bola.com, Bandung - Jawa Barat dipercaya sebagai tempat digelarnya dua ajang Kejuaraan bola voli pantai tingkat nasional, yakni Kejurnas Junior Bola Voli Pantai 2017 dan Indonesia Open Sirkuit Nasional (Sirnas) 2017 seri III di lapangan bola voli pantai SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik Bandung.

Untuk Kejurnas Junior Bola Voli Pantai 2017 yang akan digelar pada 16-19 November ini akan diikuti sebanyak 65 pasang atlet dari 14 provinsi di Indonesia. Ke-65 pasang atlet tersebut masing-masing terdiri dari 33 pasang atlet bola voli pantai putra dan 32 pasang atlet bola voli pantai putri.

Sedangkan untuk Indonesia Open Sirkuit Nasional 2017 seri III yang akan dilaksanakan pada 22-25 November ini merupakan kejuaraan yang bersifat open turnamen. Artinya, selain diikuti pasangan atlet bola voli pantai yang mewakili provinsi, juga bisa diikuti oleh pasangan atlet tim nasional, pasangan atlet sendiri, hingga atlet asal luar negeri.

Ketua Bidang Bola Voli Pantai PP PBVSI, Slamet Mulyanto mengatakan bahwa penunjukkan Jabar sebagai tuan rumah dari dua event nasional tersebut dilihat dari kemampuan Jabar. Baik dari sisi ketersediaan sarana hingga kemampuan sumber daya manusia.

Selain itu, dikatakannya setiap event yang digelar di Jabar, khususnya di Kota Bandung, selalu mendapatkan animo yang tinggi dari seluruh provinsi.

"Jumlah pasangan atlet bola voli pantai yang akan bertanding di kejurnas mulai besok ini, sangat meningkat dari pelaksanaan tahun sebelumnya di Jatim. Apakah ini karena peningkatan pembinaan atlet bola voli pantai di daerah, atau memang karena 'magnet' dari tuan rumah pelaksanaan Kejurnas di Bandung, Jabar," ujar Slamet di Jalan Maskumambang Bandung, Rabu (15/11/2017).

Untuk gelaran kejurnas junior, akan menerapkan sistem pool pada babak penyisihan dan single elemination di babak kedua. Dengan demikian, sebanyak 33 pasang atlet bola voli pantai putra dan 32 pasang atlet bola voli pantai putri akan dibagi di beberapa pool serta akan diambil dua pasang terbaik dari masing-masing pool di putra maupun di putri untuk melaju ke babak kedua.

"Pada gelaran kejurnas junior ini, kita akan melakukan talent scouting untuk mencari bibit atlet bola voli pantai yang nanti akan kita persiapkan mengikuti seleksi nasional serta menjadi atlet pelapis senior mereka," katanya.

Dengan melihat animo yang cukup tinggi pada pelaksanaan kejurnas junior tersebut, pihaknya pun lalu menunjuk Jabar sebagai tuan rumah gelaran Indonesia Open Sirkuit Nasional 2017 seri III. Gelaran kompetisi yang bersifat open turnamen ini bisa diikuti oleh setiap atlet bola voli pantai dari seluruh provinsi, perorangan hingga dari luar negeri. Baik untuk atlet junior maupun senior.

"Jadi event Indonesia Open ini sifatnya terbuka. Atlet luar negeri yang sudah dipastikan ikut dari Singapura dan bisa jadi ada atlet luar negeri lain yang ikut tapi jumlahnya terbatas karena harus ada izin dari asosiasi internasional. Saya yakin Jabar mampu jadi tuan rumah dan mensukseskan dua gelaran even tersebut," tegasnya.

Disisi lain, Ketua Umum Pengprov PBVSI Jabar, MQ Iswara menyatakan kesiapannya menggelar dua event nasional bola voli pantai ini. "Untuk kejurnas junior sendiri, semua persiapan sudah dilakukan dan tinggal digelar pembukaan dan pertandingan mulai besok hari," ucap Iswara.

Di Kejurnas Junior Bola Voli Pantai tahun 2017, lanjutnya, Jabar sendiri sebagai tuan rumah tentunya akan turut andil. Setidaknya lima pasang atlet putra dan lima pasang atlet putri disiapkan.

"Kalau yang untuk provinsi dari luar Jabar yang memastikan ikut diantaranya DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat," tandasnya.

 

Video Populer

Foto Populer