Sukses


BWF Keluarkan 5 Regulasi Baru

Bola.com, Guangzhou - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) melalui situs resminya, Senin (8/1/2017) mengonfirmasi regulasi baru yang akan berlaku di turnamen dunia mulai musim 2018 sampai 2021. Total lima regulasi tersebut melibatkan struktur turnamen, regulasi servis, dan aturan soal penayangan siaran langsung televisi.

Pada acara peluncuran yang berlangsung di Guangzhou, China, BWF secara resmi mengumukan kota tersebut sebagai tuan rumah ajang bergengsi BWF Tour Finals mulai 2018-2021.

Selain itu, BWF juga mengonfirmasi HSBC sebagai sponsor baru World Tour BWF. Hal ini berlangsung untuk turnamen level 1-5. Untuk musim 2018 akan terbagi dalam 2 grade.

Grade 1 meliputi Olimpiade dan BWF Major Events (Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Dunia Junior, Kejuaraan Dunia Junior Beregu/Piala Suhandinata, Kejuaraan Dunia Senior, Piala Thomas dan Uber, serta Piala Sudirman). Adapun Grade 2 meliputi seluruh turnamen mulai dari level Super Series Premier hingga Grand Prix Gold.

Selain itu, BWF juga mewajibkan pemain tunggal yang berada di posisi 15 besar dunia dan pemain ganda di posisi 20 besar dunia untuk mengikuti 12 turnamen sepanjang tahun.

BWF juga mewajibkan pemain melakukan service maksimal 1,15 meter dari permukaan lapangan. Nantinya, pengukuran tersebut akan dilakukan dengan alat sensor khusus.

 

2 dari 2 halaman

5 Regulasi Anyar BWF

1.     Struktur turnamen internasional 2018-2021

Grade 1

Olimpiade dan BWF Major Events (Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Dunia Junior, Kejuaraan Dunia Junior Beregu/Piala Suhandinata, Kejuaraan Dunia Senior, Piala Thomas dan Uber, Piala Sudirman)

Grade 2

Level 1 : HSBC BWF World Tour – Finals (Guangzhou)

Level 2 : HSBC BWF World Tour – Super 1000 (Indonesia, Tiongkok, Inggris/All England)

Level 3 : HSBC BWF World Tour – Super 750 (Denmark, Malaysia, Tiongkok, Jepang, French)

Level 4 : HSBC BWF World Tour – Super 500 (Indonesia, Korea, Malaysia, India, Hong Kong, Singapura, Thailand)

Level 5 : HSBC BWF World Tour – Super 300 (Thailand, Swiss, Jerman, Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat, Spanyol, Taiwan, Makau, India, Korea)

Level 6 : BWF Tour – Super 100 (Indonesia, Perancis, Tiongkok, Kanada, Jepang, Rusia, Vietnam, India, Belanda, Jerman, Skotlandia)

2.     Kewajiban 12 Turnamen dalam Setahun

Mulai tahun 2018, para pemain tunggal yang ada di jajaran rangking 15 besar dunia, serta pemain ganda di 10 besar dunia, berkewajiban untuk mengikuti setidaknya 12 turnamen yang terdiri dari tiga turnamen level 2, lima turnamen level 3, serta empat dari tujuh turnamen level 5.

3.     Regulasi Servis 1,15 meter

BWF mengumumkan aturan baru dalam melakukan servis yang akan diuji coba mulai kejuaraan All England 2018 (HSBC BWF World Tour – Super 1000) pada Maret 2018. Aturan ini mengaruskan pemain melakukan servis dengan ketinggian maksimal 1,15 meter dari permukaan lapangan. Pengukuran akan dilakukan dengan alat sensor yang dilengkapi dengan sinar inframerah.

4.     Aturan Penayangan Siaran Langsung

Para tuan rumah penyelenggara turnamen level 2, 3 dan 4 diminta untuk memperpanjang durasi siaran langsung dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Turnamen Level 2 harus disiarkan dengan total 45 pertandingan (10 pertandingan di babak pertama, 10 pertandingan di babak kedua, 10 pertandingan di babak perempat final, 10 pertandingan di babak semifinal, serta 5 pertandingan di babak final)
  • Turnamen Level 3 harus disiarkan dengan total 29 pertandingan ( 8 pertandingan di babak kedua, 8 pertandingan di babak perempat final, 8 pertandingan di babak semifinal, 5 pertandingan di babak final)
  • Turnamen Level 4 harus disiarkan dengan total 25 pertandingan ( 10 pertandingan di babak perempat final, 10 pertandingan di babak semifinal, 5 pertandingan di babak final)

5.     Tidak ada Babak Kualifikasi

Babak kualifikasi pada turnamen level 2 dan level 3 resmi ditiadakan. Kejuaraan-kejuaraan ini akan dimainkan mulai hari Rabu hingga hari Minggu. Aturan ini akan dimulai pada kejuaran All England 2018 (HSBC BWF World Tour – Super 1000).

 Selain itu, sistem skor 11 x 5 yang sempat dimainkan di sejumlah turnamen, masih belum dipastikan kapan akan diterapkan secara resmi. Hal ini masih akan didiskusikan dalam Annual General Meeting (AGM) BWF 2018 yang akan dilangsungkan di Bangkok, pada bulan Mei.

Video Populer

Foto Populer