Sukses


    Evan Dimas, Ayo Jebol Lagi Gawang Filipina!

    Bola.com, Jakarta - Evan Dimas punya pengalaman mengesankan di SEA Games 2015. Ia dua kali menjebol gawang Filipina, yang bakal menjadi lawan Timnas Indonesia U-22 di Stadion Shah Alam, Selangor, pada Kamis (17/8/2017).

    Timnas Indonesia U-23 yang dibela Evan menjajal Filipina di laga akhir penyisihan Grup B. Kemenangan atas The Azkals mengantar Tim Merah-Putih ke semifinal dengan status runner-up mendampingi Myanmar.

    Tim Garuda Muda kala itu tampil dominan ketika menghadapi Filipina dalam pertandingan yang digelar Stadion Jalan Besar, Selasa (9/6/2015). Dua gol Evan Dimas tercipta di awal-awal babak pertama.

    Baru empat menit pertandingan berjalan, Evan sudah membawa Indonesia unggul 1-0. Sebuah serangan cepat dilakukan oleh Indonesia. Operan panjang yang dilepaskan dari garis  tengah lapangan diterima oleh gelandang serang kelahiran 13 Maret 1995 yang menusuk masuk dari lini kedua.

    Dengan cepat, Evan membawa bola masuk ke dalam kotak penalti. Meski dikawal ketat oleh beberapa pemain Filipina, Evan masih bisa melepaskan sepakan  yang lantas membobol gawang Filipina.

    Tujuh menit beselang Evan kembali menciptakan gol. Berdiri di posisi yang tepat. Tusukan yang dilakukan Paulo  dari kiri diakhiri oleh sebuah operan datar ke depan gawang Filipina. Evan, yang sudah berdiri di sana, langsung menyambarnya dengan sepakan first-time.

    Selama ini Evan dikenal sebagai pemain yang kerap jadi pemecah kebuntuan. Ia kerap menciptakan gol-gol kejutan dari second line.

    Pemain Bhayangkara FC itu sempat membuat hattrick kala Timnas Indonesia U-19 menggasak raksasa Asia, Korea Selatan, dalam fase Kualifikasi Piala AFC U-19 2014. Saat itu tim asuhan Indra Sjafri menang 3-2 melawan negara yang jadi juara bertahan turnamen.

    Nama Evan mendadak populer di jagat sepak bola Indonesia. Evan sempat menjalani trial dan berlatih bareng dengan klub Spanyol, Llagostera dan Espanyol B pada tahun 2015 silam.

    Evan Dimas juga promosi cepat ke Timnas Indonesia level senior. Ia ikut berlaga di Piala AFF edisi 2014 dan 2016. Bersama stoper Hansamu Yama, Evan jadi pemain paling senior di skuat Timnas Indonesia U-22 SEA Games 2017.

    2 dari 2 halaman

    Pengendali Permainan

    Sempat ditepikan di sejumlah laga uji coba internasional, pelan namun pasti Evan mendapat kepercayaan penuh dari Luis Milla sebagai jenderal lapangan tengah Tim Merah-Putih.

    "Evan pemain yang penting di tim ini. Saya ingin ia menunjukkan permainan terbaik di laga-laga krusial SEA games," tutur Luis Milla.

    Saat duel Timnas Indonesia U-22 kontra Thailand, Evan unjuk gigi jadi pemain pengendali permainan di sektor tengah. Kolaborasinya bersama Hargianto dan Septian David Maulana membuat permainan Tim Gajah Putih tak berkembang.

     Evan Dimas Darmono tak ingin berpuas diri dengan hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand dalam laga babak penyisihan Grup B di Stadion Shah Alam, Selangor, Selasa (15/8/2017).

    "Alhamdulillah, tetapi saya pesan kepada teman-teman jangan cepat berpuas diri karena pertandingan masih panjang," kata Evan dalam sesi konferensi pers yang dihadiri Bola.com.

    Sang pemain menambahkan, pemain Indonesia menghadapi kendala dalam laga itu karena kondisi lapangan yang cukup licin. "Kami  belum mencoba lapangan ini dan langsung bertanding. Untuk itu kami harus bersyukur atas hasil ini," ucapnya.

    Mendapat satu poin dari laga perdana akan berpengaruh pada pertandingan selanjutnya. Menurut Evan, motivasi pemain Indonesia semakin tinggi setelah menahan imbang Thailand yang berstatus juara bertahan.

    "Hasil hari ini tentu sangat berpengaruh ke pertandingan selanjutnya. Semoga ini bisa membawa hal yang lebih baik hingga pertandingan  terakhir," tegasnya.

    Publik sepak bola Tanah Air berharap Evan Dimas bisa kembali menjebol gawang Filipina, seperti SEA Games dua tahun silam. Kemenangan akan mendongkrak posisi Timnas Indonesia U-22 ke jajaran atas klasemen Grup B SEA Games 2015.

     

     

     

     

     

    Video Populer

    Foto Populer