Sukses


    Andik Vermansah Bicara Kondisi Lapangan di Stadion Shah Alam

    Bola.com, Surabaya - Pada duel Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand (15/8/2017) yang berakhir dengan skor 1-1, kondisi lapangan di Stadion Shah Alam, Selangor, yang jadi venue pertandingan sempat dikeluhkan kedua tim.

    Evan Dimas dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan mengungkapkan hal itu. "Kondisi lapangan cukup licin. Kami belum mencoba lapangan ini dan langsung bertanding," ujarnya saat itu.

    Salah satu dampaknya, beberapa kali Evan Dimas dkk. terjatuh selama pertandingan dan dinilai tidak bisa tampil maksimal mengeluarkan kemampuan terbaik akibat kendala itu.

    Kubu Thailand juga melontarkan hal sama. "Kami sempat bicara dengan pemain (setelah pertandingan), para pemain mengaku lapangan, licin yang membuat mereka sering terpeleset dan jatuh. Mereka juga lelah lebih cepat dari biasanya," kata manajer Timnas Thailand U-22, Watanya Wongopasi.

    Kondisi itu harus jadi perhatian mengingat laga kedua Timnas Indonesia U-22, melawan Filipina, Kamis (17/8/2017), juga dimainkan di stadion sama.

    Namun, ada tanggapan perihal kondisi lapangan licin yang dilontarkan para pemain. Respons itu datang dari Andik Vermansah. Andik saat ini tercatat bermain di Selangor FA.

    Seperti diketahui, Selangor FA menggunakan Stadion Shah Alam sebagai kandang mereka berkompetisi di liga Malaysia. Jadi, Andik cukup mengenal tiap jengkal lapangan di Stadion Shah Alam.

    Andik Vermansah membantah jika lapangan tersebut licin, dengan catatan bila dalam kondisi normal. "Mungkin itu habis hujan. Saya biasa main di sana, tidak masalah," jelas eks pemain andalan Persebaya Surabaya itu.

    Kalau pun licin karena diguyur hujan, menurut Andik seharusnya bukan alasan karena pemain tinggal memakai sepatu menggunakan jenis pul besi yang sesuai dengan kondisi lapangan.

    "Hal ini semestinya sudah diantisipasi dari awal karena sebelum main kan sudah coba lapangan. Dari situ sudah bisa diketahui harus pakai sepatu apa," ujar Andik.

    Andik berharap, para pemain Timnas Indonesia U-22 lebih peka terhadap kondisi lapangan sehingga tidak salah memilih sepatu yang harus mereka kenakan. Sebab, kondisi sepatu sangat memengaruhi performa seorang pemain.

    "Biasanya timnas menyiapkan sejumlah model sepatu sehingga tidak sampai kejadian melawan Thailand terulang karena yang rugi kita sendiri," jelas sayap Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 itu.

    Video Populer

    Foto Populer