Sukses


    2 Kontroversi Warnai Pembukaan SEA Games 2017

    Bola.com, Kuala Lumpur - Upacara pembukaan SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (19/8/2017), terbilang berjalan sukses. Namun, upacara ini menyisakan kontroversi.

    Sebenarnya, upacara pembukaan SEA Games 2017 berlangsung meriah dengan diwarnai berbagai aktrasi dan hiburan. Kontingen Indonesia juga disambut hangat para penonton yang hadir langsung di stadion.

    Sayangnya, panitia penyelenggara SEA Games 2017 (Masoc) dinilai telah melakukan kesalahan besar pada upacara pembukaan. Bahkan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dibuat kecewa dengan blunder yang dilakukan panpel.

    Menpora berkicau di akun Twitternya setelah melihat bendera Merah Putih terpasang terbalik pada buku panduan pembukaan SEA Games 2017. Di dalam buku tersebut, bendera Indonesia menjadi putih merah.

    "Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games," ujar Menpora setelah acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Sabtu (19/8/2017) malam.

    Menpora mengaku akan mengirimkan surat keberatan kepada panitia penyelenggara SEA Games 2017 atas insiden ini.

    2 dari 2 halaman

    Kontroversi Penggunaan Kostum Defile

    Kontroversi lainnya adalah penggunaan kostum saat defile pesta pembukaan. Seperti diketahui, rencana Indonesia dan beberapa negara peserta lain untuk memakai baju adat batal terlaksana.

    Hal ini disebabkan kontingen Singapura tak membawa pakaian adat. Untuk menyeleraskannya, Masoc menyarankan pada negara peserta menggunakan jas saat upacara pembukaan.

    Kontingen Indonesian memasuki stadion saat parade Opening Ceremony SEA Games 2017 di Bukit Jalil stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, (19/8/2017). (AP/Vincent Thian)

    Saran tersebut diikuti kontingen Indonesia sama dengan negara peserta SEA Games lainnya yang menggunakan busana formal pada saat pembukaan. Namun, kontingen tuan rumah justru mengabaikan saran tersebut.

    Malaysia menjadi satu-satunya negara yang menggunakan baju adat tradisional. Anggota kontingen Malaysia memakai peci hitam dengan baju merah menyala dilengkapi celana dan sarung biru.

    Kontingen Malaysia menggunakan baju adat saat defile dalam upacara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017). (AP Photo/Adrian Hoe)

    Video Populer

    Foto Populer