Sukses


    Pelatih Vietnam Memendam Sakit Hati ke Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 bakal berjumpa Vietnam, yang berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara Grup B SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Selangor, Selasa (22/8/2017). Pertandingan ini bakal sarat emosi bagi pelatih Tim Negeri Paman Ho, Nguyen Huu Thang.

    Nguyen Huu Thang punya trauma menyakitkan dengan Timnas Indonesia. Tim yang ia besut, Timnas Vietnam level senior di kalah menyakitkan pada semifinal Piala AFF 2016.

    Vietnam saat itu yang berstatus juara Grup A diunggulkan banyak pengamat bakal bisa mengatasi Tim Merah-Putih dengan mudah. Nyatanya prediksi meleset.

    Timnas Indonesia yang dinakhodai Alfred Riedl menang 2-1 atas Vietnam di leg pertama semifinal di Stadion Pakansari. Selanjutnya saat bertandang ke markas Vietnam, Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Boaz Solossa dkk. memaksakan hasil imbang 2-2 lewat perpanjangan waktu. 

    Pelatih Timnas Vietnam, Nguyen Huu Thang tak bisa menyembunyikan kekecewaan setelah timnya bermain imbang melawan Timnas Indonesia dengan skor 2-2, dalam leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016, Rabu (7/12/2016) di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

    Usai pertandingan, Nguyen Huu Thang meneteskan air mata. Ia pun meminta maaf kepada seluruh suporter Vietnam yang mendukung tim kesayangan.

    "Kami semua meminta maaf kepada seluruh suporter Vietnam, kami hanya  kurang beruntung dalam pertandingan dan telah melakukan apapun tapi kami tidak bisa mendapatkan yang kami harapkan. Kami merasa bersalah dan minta maaf kepada semuanya," kata Nguyen Huu Thang dalam sesi konferensi pers.

    Sebelum memasuki arena konferensi pers dari ruang ganti pemain, Nguyen Huu Thang menangis. Raut wajahnya terlihat amat sedih.

    Nguyen Huu Thang yang mantan anak asuh Alfred Riedl di Timnas Vietnam era 1990-an lalu membeberkan penyebab hasil imbang timnya. Gol kejutan Timnas Indonesia yang dicetak Stefano Lilipaly pada awal babak kedua dianggap sang mentor sebagai biang petaka kekalahan tim asuhannya.

    "Setelah gol pertama kami tidak bisa mengontrol segalanya terutama pertahanan. Saya tak sangka bahwa Indonesia bisa mendapatkan peluang. Saya harap semua bisa mengerti bahwa pemain tidak bisa disalahkan. Kami juga kelelahan dan tak bisa menyalahkan pertahanan. Jangan sampai menyalahkan salah satu pemain," ucap Nguyen Huu Thang.

    Vietnam mengurung pertahanan Indonesia setelah kedudukan 1-1 pada babak kedua dan mereka unggul 2-1 hingga laga pada waktu normal berakhir. Namun, Tim Garuda kembali menyamakan kedudukan saat babak perpanjangan waktu lewat penalti Manahati Lestusen.

    "Saya tidak mau menyalahkan siapa pun atas kekalahan hari ini, semua ada pada saya. Jika ada orang yang bisa membuat penampilan tim lebih  baik maka saya rela," ucap Nguyen Huu Thang.

    2 dari 2 halaman

    Yakin Libas Tim Garuda

    Kini di SEA Games 2017 Vietnam jadi ancaman serius bagi Timnas Indonesia U-22. Vietnam menjadi tim yang paling produktif dalam babak penyisihan sejauh ini, dengan mengemas 12 gol dalam tiga pertandingan. Mereka menang atas Timor Leste dan Filipina dengan skor 4-0 plus 4-1 saat berjumpa Kamboja.

    "Sepertinya kami tidak akan mencetak banyak gol saat berjumpa Indonesia. Saya mengapresiasi Indonesia dan Thailand. Pertandingan nanti akan sangat ketat dan sulit mencetak banyak gok. Saya berharap pemain melanjutkan permainan bagus mereka,” ujar Huu Thang diwartakan laman Zing.

    Kendati demikian, Huu Thang optimistis menatap laga tersebut. Sebab, Tim Negeri Paman Ho ini akan kembali diperkuat dua pilar, yakni gelandang Luong Xuan Truong dan bek kiri, Doan Van Hau.

    “Saya bisa menurunkan tim terbaik melawan Indonesia dan berharap tidak ada pemain yang cedera,” ucap Huu Thang.

    Hadirnya Xuan Truong juga diyakini akan mempersolid lini tengah Vietnam. Ditambah performa Nguyen Tuan Anh makin membaik. Penampilan kinclong juga ditunjukkan sang pemain ketika Vietnam menghantam Filipina 4-0, Minggu (20/8) malam WIB.

    “Terlepas dari cedera yang dialami, dia telah memperlihatkan performa 100 persen. Penampilan Tuan Anh membuat saya merasa tenang. Ini juga menjadi keuntungan karena kami punya pilihan di lini tengah,” tutur Huu Thang.

     

     

    Video Populer

    Foto Populer