Sukses


    Timnas Indonesia Spesialis Menang Tipis atas Vietnam di SEA Games

    Bola.com, Jakarta - Vietnam jadi tim yang amat menakutkan di pentas SEA Games 2017. Tim Negeri Paman Ho langkahnya terlihat paling mulus di sepanjang fase penyisihan Grup B. Tim Negeri Paman Ho mencetak 12 gol di tiga pertandingan! Timnas Indonesia U-22 kudu ekstrakeras menahan Vietnam yang tengah on-fire.

    Namun, Timnas Indonesia U-22 tak perlu berkecil hati. Catatan sejarah menunjukkan kalau Tim Merah-Putih unggul rekor pertemuan di SEA Games.

    Tetapi, negara penganut faham sosialis tersebut selalu memberi perlawanan keras. Tim Garuda spesialis menang tipis menghadapi Vietnam. Kesemuanya dengan skor 1-0.

    Tercatat kedua tim berjumpa delapan kali di ajang multievent kawasan Asia Tenggara. Indonesia memenanginya sebanyak empat kali, tiga di antaranya marrgin tipis 1-0. Sementara itu, Vietnam sempat menang tiga kali, dua di antaranya dengan skor sama 1-0.

    Kemenangan 2-0 juga sempat diraih Timnas Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2011 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Satu pertandingan tersisa disudahi imbang dengan skor 2-2, tepatnya pada SEA Games 1997.

    Menurut data situs statistik sepak bola 11v11.com, Timnas Indonesia hanya sekali mengantongi kemenangan telak sejak kedua tim bersua pertama kali pada 1991. Tim Merah-Putih menggasak Vietnam 3-0 di babak penyisihan grup Piala AFF 2004.

    Hebatnya kemenangan itu diraih di kandang lawan, Stadion My Dinh, Hanoi. Gol kemenangan timnas dicetak oleh Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma.

    Jelang pertandingan SEA Games 2017, Vietnam masih memendam luka. Pada pengujung tahun 2016 silam langkah Tim Negeri Paman Ho ke final Piala AFF 2016 dihentikan Timnas Indonesia.

    Vietnam yang jadi juara grup A dengan rekor menyakinkan, dibuat tak berdaya di semifinal leg pertama yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor. Indonesia menang 2-1.

    Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Stefano Lilipaly ke gawang Vietnam pada laga Piala AFF 2016 di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (7/12/2016). Indonesia menang agregat 4-3 atas Vietnam. (Bola.com/Peksi Cahyo)

    Saat bertandang ke Hanoi, permainan Vietnam menggila. Sayang, upaya mereka mengejar margin kemenangan minimal dua gol dimentahkan Stefano Lilipaly. Pertandingan yang berkesudahan 2-1 harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu.

    Manahati Lestusen jadi pahlawan bagi Tim Garuda lewat gol penalti, setelah pemain Vietnam melakukan pelanggaran pada Stefano Lilipaly.

    "Kegagalan ke final yang menyakitkan karena kami mendominasi pertandingan leg kedua," ujar pelatih Vietnam Nguyen Huu Thang yang kini memimpin skuat SEA Games.

    Di skuat Timnas Indonesia senior saat itu ada sosok Evan Dimas dan Hansamu Yama yang kini jadi jagoan di SEA Games 2017.

    Hansamu, yang berposisi sebagai stoper jadi kapten Tim Merah-Putih. Sayang, Evan Dimas yang didapuk sebagai jenderal lapangan tengah harus absen dalam laga krusial penyisihan Grup B yang satu ini. Ia terkena hukuman akumulasi kartu.

    2 dari 2 halaman

    Rekor Pertemuan di SEA Games

    Rekor Pertemuan Indonesia Vs Vietnam di SEA Games (Bola.com/Adreanus Titus)

    Video Populer

    Foto Populer