Sukses


Ritual Unik Jelang El Clasico: Ziarah ke Kuburan Legenda

Bola.com, Barcelona - Partai El Clasico menjadi salah satu partai paling bergengsi dalam dunia sepak bola. Persaingan antara Real Madrid dan Barcelona tak padam meski kedua tim sudah bertemu 262 kali. Demi kesuksesan tim kesayangannya para suporter kerap melakoni ritual-ritual mistis.

Ketika kita berbicara soal tabiat orang Eropa, banyak di antara mereka tidak percaya dengan hal-hal bersifat tahayul. Orang-orang dari Benua Biru lebih sering berfikir dengan logika mereka. Namun, ternyata tidak semuanya demikian. Fans Barcelona kerap mengunjungi sebuah kuburan bernama Les Corts yang terletak dekat Camp Nou.

Lantas mengapa para suporter Cules mengunjungi pemakaman ini? Selidik punya selidik, ternyata banyak mantan pemain Barcelona dikubur di tempat tersebut, sebut saja: Paulino Alcantara, Cesar Rodriguez, Josep Samitier, Javier Urruticoechea, hingga Laszlo Kubala Stecz.

 Pemakaman Les Corts yang berjarak sangat dekat dengan Stadion Camp Nou (http://filipdemuinck-kristelpardon.blogspot.co.id/)

Biasanya sebelum Barcelona bertemu dengan Real Madrid, Les Corts akan dipenuhi pengunjung. Mereka akan berdoa dan menaruh bendera dan panji Catalan di setiap kuburan para mantan pemain.

"Anda seharusnya datang kemarin ketika Barca dan Madrid bermain.  Tempat ini selalu penuh sesak dengan orang-orang yang mengunjungi keluarga, teman dan juga para mantan pemain Barcelona. Mereka meminta  pertolongan dan berdoa untuk agar tim mereka diberi kekuatan dalam pertandingan El Clasico, mereka meminta kemenangan untuk Barca," ucap  seorang penjaga makam kepada Sid Lowe, kolumnis sepak bola asal Inggris yang sering menulis buku sisi lain sepak bola Eropa.

Dalam bukunya yang membahas rivalitas kedua klub berjudul Fear and Loathing in La Liga, Sid Lowe mengunjungi tempat peristirahatan terakhir manusia tersebut pada 8 Oktober 2012. Ia dibuat terperanjat melihat begitu banyaknya fans Barcelona yang melakukan ziarah kubur para legenda klub sekaligus memanjatkan doa agar The Catalan bisa memenangi duel El Clasico.

Suasana serupa agaknya bakal terjadi beberapa hari menjelang El Clasico jilid pertama La Liga musim 2015-2016 ini yang akan dihelat pada Minggu (22/11/2015) dini hari WIB.

 

 

Sumber: Buku Fear and Loathing in La Liga

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer