5 Pemain Barcelona Berpotensi Dijual demi Dapat Dana Transfer

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 02 Apr 2017, 17:35 WIB

Bola.com - Pada era ini, Barcelona terkenal sebagai klub yang sering mengeluarkan dana besar pada hampir setiap jendela transfer pemain. Tim Catalan itu harus menginvestasikan uangnya untuk memboyong para pemain berkelas meski memiliki La Masia, yakni satu di antara akademi sepak bola terhebat di dunia.

Barcelona dinilai memiliki kekuatan finansial mumpuni karena terus konsisten meraih prestasi di berbagai kompetisi. Akan tetapi, jika manajemen klub ingin mendapat dana segar sebanyak 100 juta poundsterling (Rp 1,67 triliun) untuk membeli sosok buruannya, lantas siapa pemain dari skuat mereka sekarang yang harus menjadi korban?

Dana itu tentunya bisa didapat dalam sekejap jika manajemen klub menjual satu di antara tiga penyerang utama mereka, yaitu Luis Suarez, Lionel Messi dan Neymar. Namun, langkah tersebut dinilai akan menjadi blunder fatal mengingat mereka adalah figur penting di balik kesuksesan yang diraih Barcelona.

Barcelona juga dinilai akan kesulitan mencari pengganti ketiga sosok itu, andai satu di antara mereka pergi dari Camp Nou. Akan tetapi, manajemen klub memiliki opsi lain untuk mendapat dana 100 juta poundsterling tanpa mengurangi kualitas skuat secara signifikan.

Opsi tersebut adalah menjual setidaknya lima pemain yang ada saat ini, Barcelona diyakini masih bisa tampil kompetitif di level tertinggi. Lantas, siapa sajakah para sosok tersebut? Berikut ini Bola.com mencoba memberikan ulasannya untuk anda.

1 of 6

Jeremy Mathieu

Sejak bergabung dengan Barcelona pada 2014, Jeremy Mathieu lebih serang berkutat dengan cedera. (AFP/Oli Scarff)

Barcelona memboyong Jeremy Mathieu dari Valencia dengan nilai transfer sekitar 16 juta poundsterling (Rp 267,38 miliar) pada musim 2014-15. Namun, langkah manajemen klub itu sempat mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Hal itu didasari kerena Barcelona mendapatkan Jeremy Mathieu ketika telah berumur 30 tahun. Manajemen klub dinilai menggelontorkan dana terlalu besar untuk membeli pemain dengan usia tersebut.

Namun, Jeremy Mathieu mampu mengikis anggapan miring publik dengan langsung tampil impresif pada musim perdananya di Barcelona. Akan tetapi, performa sang pemain mengalami penurunan sejak memasuki tahun kedua di Camp Nou, hingga saat ini.

Berbagai cedera yang dialami membuat Jeremy Mathieu kesulitan kembali ke level tertinggi dan sering berada di bangku cadangan. Pada musim 2016-17, sosok Prancis itu baru mengemas 13 laga di berbagai kompetisi dengan catatan bermain selama 965 menit.

Minimnya kontribusi Jeremy Mathieu membuat Barcelona diprediksi akan melegonya pada bursa transfer musim panas 2017. Dengan satu tahun kontrak tersisa dan mempertimbangkan usianya, Mathieu diyakini masih bisa dijual dengan harga 1 juta poundsterling (Rp 16,71 miliar).

2 of 6

Alex Vidal

Aleix Vidal dinilai tidak memenuhi ekspektasi Barcelona sebagai suksesor Dani Alves. (AFP/Lluis Gene)

Alex Vidal menjalani momen-momen yang sulit di Barcelona. Sang pemain sering menunjukkan inkonsitensi performa dan membuatnya diacuhkan dari skuat utama asuhan Luis Enrique tersebut.

Rentetan cedera juga dinilai menjadi satu di antara faktor yang membuat karier Aleix Vidal meredup di Barcelona. Teranyar, dia mengalami cedera dislokasi engkel pada 11 Februari 2017. Masalah itu membuatnya harus mengakhiri musim lebih awal.

Barcelona lantas sudah kehilangan kesabaran dan diprediksi akan menjual Aleix Vidal pada bursa transfer musim panas 2017. Pemain 27 tahun itu dinilai memiliki harga pasar sebesar 14 juta poundsterling (Rp 233,95 miliar).

Dana hasil penjualan Aleix Vidal itu, kabarnya akan digunakan Barcelona untuk membeli satu bek sayap anyar pada bursa transfer musim panas 2017. Full-back Arsenal, Hector Bellerin, disebut sebagai sosok yang dimaksud.

3 of 6

Andre Gomes

Andre Gomes masih kesulitan untuk beradaptasi dengan skema permainan Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Barcelona membeli Andre Gomes dari Valencia dengan nilai harga keseluruhan mencapai 46 juta poundsterling (Rp 768,71 miliar) pada awal musim 2016-17. Namun, performa sang pemain disebut tidak sepadan dengan jumlah uang yang digelontorkan manajemen klub.

Andre Gomes sering mendapat berbagai kritik dari berbagai pihak. Sang pemain dinilai tidak bisa menunjukkan kontribusi maksimal di Barcelona karena hanya mengemas satu gol dan dua assist dari 35 laga di berbagai kompetisi.

Luis Enrique pun rela mengubah skema dari 4-3-3 ke 3-4-3 agar Andre Gomes bisa menunjukkan performa maksimal. Akan tetapi, sang pemain nyatanya tetap tampil melempem. Permainan Barcelona lantas dinilai lebih mengalir dan semakin padu ketika yang bersngkutan absen.

Statistik minor itu membuatnya diiusikan bakal masuk ke dalam daftar pemain yang akan dilego pada bursa transfer musim panas 2017. Beberapa klub besar Eropa diberitakan siap membawa keluar Andre Gomes dari Camp Nou dengan harga sekitar 20 juta poundsterling (Rp 334,22 miliar).

4 of 6

Ivan Rakitic

Ivan Rakitic bisa menghasilkan dana yang besar untuk Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Ivan Rakitic adalah sosok penting di lini tengah Barcelona. Kehadiran sang pemain mampu membawa Barcelona meraih berbagai prestasi, seperti beberapa di antaranya satu trofi Liga Champions dan dua gelar La Liga.

Namun, Ivan Rakitic dinilai kesulitan mengeluarkan potensi terbaiknya ketika Barcelona perlahan mengubah pakem dari 4-3-3 ke 3-4-3. Dengan skema anyar itu, dia kesulitan untuk mengalirkan bola ke lini depan sekaligus membantu pertahanan.

Potensi terbaik Ivan Rakitic sejatinya sebagai gelandang serang. Hal itu sering ditunjukkanya dalam beberapa tahun terakhir di Barcelona. Akan tetapi, menugaskan sang pemain sebagai deep lying midfielder dinilai bukan langkah yang tepat.

Dengan minimnya kontribusi Ivan Rakitic pada skema anyar itu, manajemen klub diyakini tidak akan menolak tawaran yang datang dari para tim elit Eropa. Saat ini sang pemain diprediksi memiliki banderol harga setidaknya mencapai 30 juta poundsterling (Rp 501,33 miliar).

5 of 6

Jordi Alba

Jordi Alba berpeluang meninggalkan Barcelona pada akhir musim 2016-17. (AFP/Josep Lago)

Ivan Rakitic bukanlah satu-satunya pemain Barcelona yang kesulitan beradaptasi dengan skema 3-4-3. Saat ini, Jordi Alba pun mengalami hal serupa. Bek asal Spanyol itu tidak mampu bermain maksimal ketika luis Enrique menerapkan formasi tersebut.

Jordi Alba bahkan harus dipinggirkan dari skuat ketika Barcelona mencukur Paris Saint-Germain 6-1 pada leg kedua 16 besar Liga Champions (8/3/2017), serta menang 4-2 kontra Valencia di ajang La Liga (19/3/2017). Dalam dua laga itu, El Barca menerapkan skema 3-4-3.

Hal itu memicu spekulasi dari berbagai pihak jika Barcelona sudah tidak bergantung dengan Jordi Alba. Sang pemain memang merupakan pemain penting di balik kesuksesan tim Catalan selama beberapa tahun terakhir.

Namun, Jordi Alba bukan tidak mungkin dijual Barcelona karena dianggap tidak mampu beradaptasi dengan sistem baru. Jika hal itu terjadi, skuat tim Catalan setidaknya akan mengantongi dana sebesar 35 juta poundsterling (Rp 584,89 miliar).

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓