Sukses


Neymar dan 5 Pemain Tercepat di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Pemain Barcelona, Neymar, dikenal sebagai pemain yang memiliki keunggulan dari sisi kecepatan. Pemain asal Brasil membutuhkan kelebihan dari aspek tersebut karena berposisi sebagai winger yang bertugas melewati para pemain lawan dan melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti.

Kecepatan merupakan atribut yang dibutuhkan dalam permainan sepak bola. Pemain yang memiliki atribut tersebut berpeluang besar untuk mengamankan satu tempat di starting lineup tim.

Neymar yang berasal dari Brasil memiliki keunggulan dalam atribut kecepatan. Hal tersebut sangat wajar mengingat Brasil memang terkenal dengan para pemain yang memiliki kecepatan, di antaranya adalah Luiz Nazario Ronaldo, Roberto Carlos dan Cafu.

Kecepatan Neymar disertai dengan keandalannya dalam mengolah si kulit bundar. Perpaduan tersebut menjadikan Neymar sebagai satu di antara pemain terbaik di dunia. Tidak jarang ia membuat kewalahan para pemain lawan dengan aksinya di atas lapangan.

Kecepatan yang dimiliki Neymar tidak bukan sekadar atribut pelengkap. Berdasarkan data yang didapat dari Marca, Neymar mencatatkan kecepatan mencapai 34,83 km/jam dalam laga melawan Sporting Gijon (1/3/2017). Catatan tersebut membuat Neymar menjadi pemain tercepat Barcelona pada musim 2016-17.

Selain Neymar, berikut ini adalah lima pemain tercepat di Barcelona pada musim 2016-17:

 

2 dari 6 halaman

Sergio Busquets (33,64 km/jam)

Sergio Busquets masuk dalam daftar pemain tercepat di Barcelona pada musim 2016-17. (AFP/Lluis Gene)

Sergio Busquets adalah pemain yang beroperasi di lini tengah Barcelona. Busquets memiliki tugas untuk menjaga ritme permainan Barcelona dan palang pintu pertama pertahanan. Tugas tersebut membuat Busquets sering mengejar bola ketika tim lawan sedang melakukan serangan balik.

Kondisi tersebut membuat Busquets harus berlari cepat untuk menutup pergerakan lawan. Pada musim 2016-17, kecepatan sang pemain mencapai 33,64 km/jam. Catatan tersebut membuat sang pemain menempati peringkat keenam dalam daftar pemain tercepat milik Barcelona.

 

3 dari 6 halaman

Jordi Alba (33,67 km/jam)

Jordi Alba sering membantu serangan Barcelona lewat sisi kiri lapangan. (doc. UEFA)

Jordi Alba merupakan full back andalan Barcelona di sisi kiri. Tugas utama pemain berusia 28 tahun tersebut adalah bertahan dan membantu serangan dari sisi lapangan.

Sudah sewajarnya seorang full back memerlukan keunggulan dari segi kecepatan dan Jordi Alba bisa memenuhi ekspektasi tersebut. Sejauh ini, Jordi Alba tercatat sebagai pemain tercepat kelima Barcelona pada musim 2016-17.

 

4 dari 6 halaman

Javier Mascherano (33,71 km/jam)

Javier Mascherano merupakan pemain serba bisa andalan Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Javier Mascherano merupakan pemain serba bisa yang dimiliki Barcelona. Pemain asal Argentina tersebut sudah menjalani berbagai peran, yaitu gelandang bertahan, bek tengah dan bek sayap. Alasan tersebut membuat manajemen Barcelona memperpanjang kontrak sang pemain Oktober 2016.

Sebagai pemain yang memainkan banyak posisi, Mascherano terbiasa untuk melewati batas kemampuannya, termasuk dalam sisi kecepatan. Pada musim ini, Javier Mascherano tercatat sebagai pemain tercepat keempat di Barcelona setelah mencatatkan kecepatan mencapai 33,71 km/jam.

 

5 dari 6 halaman

Aleix Vidal (33,8 km/jam)

Penampilan bagus Aleix Vidal harus terhenti setelah ia mengalami cedera dislokasi engkel. (AFP/Lluis Gene)

Awal karier Aleix Vidal bersama Barcelona tidak berjalan mulus. Diproyeksikan sebagai penerus Dani Alves, Vidal tidak kunjung mendapat kesempatan bermain secara reguler.

Kondisi tersebut membuat sang pemain merasa frustrasi dan berselisih dengan Luis Enrique. Seiring berjalannya waktu, perselisihan antara keduanya mencair. Vidal mulai dipercaya untuk menempati starting lineup. Namun tragedi menghampiri sang pemain ketika mengalami cedera dislokasi engkel dalam laga melawan Deportivo Alaves (2/11/2017).

Pada musim ini, Vidal tercatat sebagai pemain tercepat ketiga Barcelona dengan catatan kecepatan mencapai 33,8 km/jam.

 

6 dari 6 halaman

Jeremy Mathieu (34,25 km/jam)

Jeremy Mathieu menjadi pemain tercepat kedua di Barcelona setelah Neymar. (AFP/Lluis Gene)

Jeremy Mathieu secara mengejutkan menjadi pemain Barcelona tercepat setelah Neymar. Pemain asal Prancis yang berposisi sebagai bek tengah ini memiliki kecepatan mencapai 34,25 km/jam.

Mathieu beberapa kali suka membantu serangan dan sudah membuat satu gol untuk Barcelona pada musim 2016-17. Mathieu terbiasa membantu serangan dalam keadaan posisi set pieces. Setelah itu, ia harus bergerak cepat untuk kembali ke posisinya di lini pertahanan Barcelona.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer