Sukses


5 Pertemuan Bersejarah Real Madrid dan Atletico Madrid

Bola.com - Real Madrid dan Atletico Madrid akan saling berhadapan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, pada laga pekan ke-31 La Liga, Sabtu (8/4/2017). Pertemuan kedua kesebelasan merupakan duel sarat gengsi untuk menentukan penguasa di Kota Madrid.

Selain memiliki persaingan sepak bola, kedua kesebelasan mewakili kelas berbeda di Kota Madrid. Los Blancos dianggap merepresentasikan kaum borjuis, sementara sang rival identik dengan kelas pekerja.

Hal tersebut membuat laga antara Real Madrid menghadapi Atletico Madrid selalu menghasilkan tensi panas. Suporter masing-masing mengklaim kesebelasan yang mereka dukung merupakan terbaik di Kota Madrid.

Pembesut Real Madrid, Zinedine Zidane, dan Atletico Madrid, Diego Simeone, paham betul akan rivalitas pada laga bertajuk Derbi Madrid ini. Kedua pelatih tersebut pernah berkarier sebagai pemain di klub yang mereka asuh saat ini.

Sepanjang sejarah, kedua kesebelasan telah bertemu sebanyak 213 kali di seluruh kompetisi. Dari jumlah tersebut, Real Madrid menang pada 109 laga, 51 pertandingan berakhir seri, sisanya dimenangi oleh Atletico Madrid.

Dari seluruh pertemuan tersebut, tercipta banyak pertandingan bersejarah untuk kedua kesebelasan. Bahkan, beberapa laga derbi Madrid menjadi penentu gelar juara.

Berikut ini adalah lima pertemuan bersejarah pada derbi Madrid:

2 dari 4 halaman

Real Madrid 2-1 Atletico Madrid (Playoff Semifinal Piala Champions, 13 Mei 1959)

Pertandingan antara Real Madrid dan Atletico Madrid pada tahun 1959.

Pertandingan ini menjadi laga Derbi Madrid pertama di kompetisi Eropa. Kedua kesebelasan bertanding tiga kali karena agregat sama kuat, 2-2. Saat itu aturan mengenai gol tandang belum diberlakukan.

Pada laga leg pertama di Stadion Santiago Bernabeu, Los Blancos menang dengan skor 2-1. Namun, Atletico Madrid mampu menang 1-0 pada leg kedua di Estadio Metropolitano de Madrid. Jika aturan gol tandang telah berlaku, Los Rojiblancos akan melaju ke final.

Saat itu, laga playoff digelar di Stadion La Romaleda, Zaragoza. Real Madrid melaju ke Partai Final Liga Champions untuk kali keempat berturut-turut setelah gol-gol dari Alfredo di Stefano dan Ferenc Puskas hanya mampu dibalas Enrique Collar.

 

Atletico Madrid 3-1 Real Madrid (Final Copa del Rey, 26 Juni 1960)

Aletico Madrid menjadi juara Copa del Rey pada tahun 1960 setelah mengalahkan Real Madrid.

Bermain di Santiago Bernabeu, Real Madrid jelas lebih diunggulkan pada laga ini, mesti berstatus tim tamu. Namun, Atletico Madrid tidak gentar dengan kondisi ini.

Ferenc Puskas membuat Real Madrid unggul melalui golnya pada paruh pertama pertandingan. Akan tetapi, penggawa Atletico Madrid berhasil membalas dengan gol-gol dari Enrique Collar, Miguel Jones, dan Joaquin Peiro di babak kedua.

3 dari 4 halaman

Real Madrid 4-2 Atletico Madrid (La Liga, 5 November 1994)

Raul Gonzalez menjalani derbi Madrid pertamanya pada November 1994.

Raul Gonzales mencuri perhatian pada laga derbi Madrid pertama yang dia jalani. Baru berusia 17 tahun, Raul dipercaya turun sejak menit pertama untuk mendampingi Ivan Zamorano.

Keputusan pelatih Los Blancos saat itu, Jorge Valdano, terbukti tidak salah. Raul sukses mencetak gol pertamanya sebagai pemain profesional pada pertandingan ini.

Setelah gol tersebut, Raul mencetak banyak gol untuk Real Madrid. Pria yang kini berusia 39 tahun tersebut sempat menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Los Blancos dengan 328 gol.

 

Atletico Madrid 2-1 Real Madrid (Final Copa del Rey, 17 Mei 2013)

Atletico Madrid menjadi juara Copa del Rey 2013 setelah menang 2-1 atas Real Madrid.

Atletico Madrid berhasil mengakhiri catatan buruk tidak pernah menang melawan Real Madrid pada 25 pertemuan. Skuat asuhan Dieo Simeone meraih hal tersebut di Stadion Santiago Bernabeu dan memenangi trofi Copa del Rey.

Gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-14 membuat Los Blancos unggul. Akan tetapi, bola hasil tendangan kaki kiri Diego Costa berhasil menyamakan kedudukan 21 menit kemudian. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir.

Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan. Pendukung Los Rojiblancos bersorak setelah Miranda mencetak gol kemenangan pada menit ke-99. Kemenangan ini sekaligus mengakhiri puasa gelar Copa del Rey yang terakhir mereka raih pada 1995-1996.

4 dari 4 halaman

Real Madrid 4-1 Atletico Madrid (Final Liga Champions, 24 Mei 2014)

Real Madrid meraih gelar La Decima di Liga Champions dengan mengalahkan Atletico Madrid.

Setelah sekian lama, Real Madrid dan Atletico Madrid kembali berjumpa pada ajang Liga Champions. Partai ini menjadi laga Final Liga Champions pertama yang mempertemukan kesebelasan satu kota.

Real Madrid mengusung misi memenangi gelar Liga Champions kesepuluh mereka, sementara Atletico Madrid ingin meraih trofi Liga Champions untuk pertama kalinya.

Atletico Madrid unggul lebih dulu melalui gol Diego Godin ketika pertandingan berjalan 36 menit. Para pendukung Los Rojiblancos telah siap berpesta, namun bola hasil sundulan Sergio Ramos bersarang ke gawang yang dijaga Thibaut Courtois.

Memasuki babak perpanjangan, Real Madrid mengamuk. Los Blancos mencetak tambahan tiga gol melalui Gareth Bale (110'), Marcelo (118'), dan penalti Cristiano Ronaldo (120'.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer