5 Alasan Barcelona Bisa Salip Real Madrid

Oleh Nurfahmi Budi pada 10 Apr 2017, 13:43 WIB

Bola.com, Barcelona - Barcelona membuang kesempatan untuk menyamai poin Real Madrid di klasemen sementara La Liga 2016-2017. Hal itu terjadi setelah Barcelona takluk di markas Malaga, Stadion La Rosaleda, akhir pekan kemarin.

Hasil tersebut membuat Barcelona tertinggal tiga poin dari Real Madrid. Jarak bisa semakin lebar andai Real Madrid menuai kemenangan pada satu pertandingan tunda. Tak heran jika fans Barcelona berharap anak asuh Luis Enrique Martinez tak lagi terpeleset.

Barcelona masih bisa mengejar Real Madrid. Sport.es merilis lima alasan Barcelona mampu dan layak menelikung Real Madrid. Berikut ini 5 alasan tersebut.

1 of 6

Menang El Clasico

1. Menang El Clasico
Setelah kalah dari Malaga, Barcelona bakal melakoni tiga laga berat. Mereka bakal menjalani dua laga kontra Juventus pada ajang Liga Champions, dan bersua Real Sociedad di pentas La Liga.

Setelah itu, satu di antara kunci pertandingan musim ini bakal hadir. Minggu (23/4/2017), Barcelona bertempur kontra Real Madrid, di Stadion Santiago Bernabeu. Publik percaya, jika menang, Barcelona membuka peluang mengejar Real Madrid.

Kondisi benefit akan berubah jadi negatif andai Barcelona takluk dari Real Madrid. Beruntung, level konsentrasi Real Madrid juga terpecah. Mereka bakal menghadapi dua tantangan Bayern Munchen di kancah Liga Champions, dan Sporting Gijon (La Liga).

2 of 6

Benefit Jadwal

2. Benefit Jadwal
Sport.es menganggap Barcelona memiliki keuntungan dari sisi jadwal sampai akhir musim, dengan pengecualian agenda di Liga Champions. Setelah takluk dari Malaga, Barcelona akan menghadapi Real Sociedad (16/4/2017).

Usai laga El Clasico (23/4/2017), Barcelona tak menemui lawan berat, terutama jika dihitung di atas kertas. Barcelona menjamu Osasuna (27/4/2017), melawat ke markas Espanyol (30/4/2017), bersua Villarreal (7/5/2017), Las Palmas (14/5/2017) dan kedatangan Eibar pada partai terakhir.

Sebaliknya, Real Madrid bakal mengarungi jadwal padat. Selain partai tunda kontra Celta Vigo dan El Clasico, Real Madrid akan menghadapi Sporting Gijon, melawat ke Deportivo La Coruna (27/4/2017), bersua Valencia (29/4/2017), ke markas Granada (7/5/2017), Sevilla (14/5/2017) dan menjadi tamu bagi Malaga (21/5/2017).

3 of 6

Liga Champions

3. Liga Champions
Faktor pertandingan di arena Liga Champions menjadi bagian dari harapan Barcelona. Mereka memiliki asa Real Madrid bakal berkonsentrasi penuh, sehingga kehilangan 'gairah' di La Liga.

Namun, kondisi tersebut juga menjadi tantangan bagi Barcelonaa. Secara perhitungan di atas kertas, Real Madrid akan melewati jalan terjal saat bersua Bayern Munchen. Laga di tengah duel kontra Bayern Munchen, yakni versus Sporting Gijon, menjadi ujian bagi Real Madrid.

Di sinilah keuntungan Barcelona. Armada Luis Enrique berharap Real Madrid tergelincir saat bersua Sporting Gijon, meski di atas kertas sulit terealisasi. Namun, bagaimanapun, Real Madrid bisa saja terjungkal di Stadion Molinon, markas Sporting Gijon.

4 of 6

Pertahanan Real Madrid

4. Pertahanan Real Madrid
Satu di antara catatan penting pada akhir ini adalah situasi yang terjadi di lini belakang Real Madrid. Kondisi terkini menjadi benefit bagi Barcelona, setidaknya mereka berharap lawan bisa memanfaatkan situasi tersebut.

Seperti dirilis beberapa media Spanyol, Real Madrid memiliki masalah di lini belakang. Dua bek utama, Pepe dan Raphael Varane sedang cedera. Kondisi Sergio Ramos dan Nacho juga tak maksimal.

Tak heran jika Real Madrid bakal riskan jika memiliki satu bek sentral saja. Walhasil, kalender ketat menjadi ujian lini belakang Real Madrid.

5 of 6

Spirit 6-1 Kontra PSG

5. Spirit 6-1 Kontra PSG
Barcelona pernah merasakan kondisi tersulit musim ini, yakni saat kalah telak dari Paris Saint-Germain pada leg 1 fase knock-out Liga Champions. Berkat kerja keras dan determinasi tinggi, Barcelona menang 6-1 pada pertemuan kedua di Estadio Camp Nou.

Spirit itu pula yang terus menjadi energi luar biasa bagi Lionel Messi dkk. Tak heran, Barcelona punya keyakinan serupa, yakni bisa melewati Real Madrid guna merengkuh gelar juara Liga Spanyol musim ini.

Sumber: Sport.es

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓