Sukses


5 Klub yang Berpotensi Ganjal Real Madrid dan Barcelona

Bola.com - Real Madrid menelan kekalahan 2-3 dari Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu pada pertandingan pekan ke-33 La Liga, Minggu (23/4/2017) waktu setempat. Hasil tersebut membuat persaingan kedua kesebelasan di klasemen sementara semakin memanas.

Meskipun sama-sama mengoleksi 75 poin, Barcelona berada di posisi puncak klasemen mengungguli Real Madrid. Blaugrana bertengger di posisi teratas karena memiliki keunggulan selisih gol dibanding rivalnya. Namun Real Madrid masih menyimpan satu laga tunda menghadapi Celta Vigo.

Dengan La Liga tinggal menyisakan lima hingga enam laga, baik Real Madrid maupun Barcelona wajib menyapu bersih tiga poin jika ingin meraih gelar kompetisi nomor satu di Spanyol tersebut.

Hasil pertandingan Real Madrid juga Barcelona bergantung kepada lawan yang akan mereka hadapi. Selain itu, penampilan mereka pada ajang lain juga dapat menjadi pemecah konsentrasi.

Real Madrid masih bertahan pada ajang Liga Champions. Skuat asuhan Zinedine Zidane telah berada pada fase semifinal dan akan menghadapi rival satu kota, Atletico Madrid pada 2 dan 10 Mei 2017, sedangkan Barcelona melaju hingga partai puncak Copa Del Rey. Lionel Messi dan kawan-kawan akan menghadapi tim kejutan, Deportivo Alaves pada 27 Mei 2017.

Jika melihat jadwal pertandingan sisa dari kedua kesebelasan, Real Madrid maupun Barcelona masih akan menghadapi lawan-lawan yang mampu menyulitkan mereka. Los Blancos harus melawan Sevilla, sedangkan Blaugrana akan menjamu Villarreal.

Di antara seluruh kesebelasan yang akan dihadapi Real Madrid dan Barcelona, berikut lima klub yang berpotensi mengganjal langkah kedua klub tersebut untuk meraih gelar La Liga:

2 dari 6 halaman

Valencia

Valencia pernah mengalahkan Real Madrid pada pertemuan pertama La Liga 2016-17. (EPA/Kai Foersterling)

Real Madrid akan menjamu Valencia di Stadion Santiago Bernabeu pada pekan ke-35, Sabtu (29/4/2017). Meski berada di papan tengah klasemen sementara La Liga, Los Che bukan lawan yang dapat dipandang sebelah mata.

Valencia kerap menyulitkan Real Madrid dalam lima pertemuan terakhir kedua kesebelasan. Los Blancos hanya meraih satu kemenangan dari jumlah tersebut.

Pemain-pemain seperti Munir El Haddadi, Santi Mina, Dani Parejo dan Simone Zaza diperkirakan mampu membuat lini belakang Los Blancos kerepotan.

3 dari 6 halaman

Sevilla

Stevan Jovetic mencetak gol kemenangan Sevilla atas Real Madrid pada pertemuan pertama musim 2016-17. (AFP/Cristina Quicler)

Sempat menjadi pesaing bagi Real Madrid dan Barcelona, performa Sevilla menurun drastis sejak pekan ke-26. Skuat asuhan Jorge Sampaoli hanya meraih dua kemenangan pada periode tersebut.

Hasil ini membuat Los Blanquirrojos melorot ke peringkat keempat dengan 65 poin dari 33 pertandingan. Akan tetapi, Sevilla mampu mengalahkan Real Madrid pada pertemuan pertama kedua kesebelasan musim ini.

Saat itu gol penalti Cristiano Ronaldo mampu disamakan melalui gol bunuh diri Sergio Ramos dan gol Stevan Jovetic. Selain itu, Sevilla juga ingin kembali ke jalur kemenangan demi mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan.

Kedua kesebelasan akan saling berhadapan pada pekan ke-37 La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (14/5/2017).

4 dari 6 halaman

Celta Vigo

Celta Vigo menyingkirkan Real Madrid di ajang Copa del Rey 2016-17. (AFP/Javier Soriano)

Celta Vigo boleh saja hanya berada di peringkat ke-10 klasemen sementara La Liga, namun mereka tampil impresif pada ajang Liga Europa musim ini. Iago Aspas dan kawan-kawan telah berada pada fase semifinal kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Sepanjang perjalanan menuju ke babak empat besar, Celta Vigo hanya menelan dua kekalahan. Catatan tersebut wajib diwaspadai pelatih Zinedine Zidane jika ingin merengkuh gelar La Liga.

Pertandingan kontra Celta Vigo sejatinya digelar pada awal Februari 2017. Namun, badai yang merusak sebagian fasilitas kandang Celta Vigo, Stadion Balaidos, membuat penyelenggara liga memutuskan laga ditunda hingga Rabu, 17 Mei 2017.

5 dari 6 halaman

Espanyol

Barcelona berpotensi kesulitan ketika menghadapi derbi Catalunya. (Reuters/Albert Gea)

Pertemuan antara Barcelona menghadapi Espanyol mungkin tidak memiliki gengsi sebesar El Clasico atau derbi Madrid, namun laga ini tetap menarik perhatian warga Katalunya.

Prestasi dan penampilan terkini yang cukup timpang membuat banyak pihak mengunggulkan Barcelona jelang partai digelar. Akan tetapi, pihak Espanyol juga ingin membuktikan mereka sebagai kesebelasan terbaik Kota Barcelona.

Sebagaimana persaingan dengan Real Madrid, laga Barcelona kontra Espanyol juga dibumbui faktor politik. Jika Barcelona merupakan simbol perlawanan warga Katalan, Espanyol kerap dianggap sebagai pendukung kerajaan Spanyol.

Rival satu kota ini akan saling berhadapan di markas Espanyol, RCDE Stadium, pada pekan ke-35 La Liga. Laga tersebut akan digelar 29 April 2017.

6 dari 6 halaman

Villarreal

Villarreal menahan imbang Barcelona pada pertemuan pertama di kompetisi La Liga 2016-17. (AP/Alberto Saiz)

Villarreal memiliki target lolos ke Liga Champions musim depan. Hal tersebut membuat mereka berpotensi menjadi batu sandungan bagi Barcelona.

Skuat asuhan Fran Escriba saat ini berada di peringkat kelima klasemen sementara La Liga dengan 60 poin. Mereka berjarak lima angka dari Sevilla di posisi keempat atau batas akhir zona Liga Champions.

Kesebelasan berjuluk 'The Yellow Submarine' ini memiliki materi pemain sekelas Mateo Musacchio, Denis Cheryschev, dan Jonathan dos Santos yang sempat membela tim nasional negaranya masing-masing.

Barcelona akan menjamu Villarreal di Stadion Camp Nou pada pekan ke-36 La Liga, Sabtu (6/5/2017).

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer