Sukses


4 Calon Suksesor Luis Enrique di Barcelona

Bola.com - Luis Enrique telah mengonfirmasi tidak akan memperpanjang kontrak dengan Barcelona yang berakhir pada 30 Juni 2017. Manajemen Blaugrana lantas diberitakan mulai mencari pelatih ideal untuk mengasuh Lionel Messi dan kawan-kawan.

Beberapa nama telah dikaitkan dengan Barcelona seperti, Jorge Sampaoli, Massimiliano Allegri dan Jurgen Klopp. Namun, sebagian telah membantah isu mengasuh Blaugrana.

Manajemen Barcelona juga telah menetapkan kriteria khusus untuk calon pelatih mereka. Hal tersebut agar tidak mengulangi kesalahan saat menunjuk Gerardo Martino.

Direktur Olahraga Barcelona, Robert Fernandez, sempat menyatakan jika Barcelona akan dilatih pelatih yang paham dengan kultur sepak bola di Spanyol. Syarat tersebut yang membuat nama Massimiliano Allegri gugur dari calon pembesut Blaugrana.

Sebelumnya, nama Jorge Sampaoli muncul sebagai kandidat kuat pengganti Luis Enrique. Namun, pelatih asal Argentina itu telah menegaskan tidak berniat hengkang dari Sevilla.

Situasi tersebut membuat calon pelatih Barcelona mengerucut ke empat nama. Berikut ini merupakan para pelatih yang dikaitkan menjadi suksesor Luis Enrique di Barcelona:

2 dari 5 halaman

Juan Carlos Unzue

Luis Enrique bersama Juan Carlos Unzue.

Juan Carlos Unzue adalah asisten Luis Enrique saat ini. Pria berusia 50 tahun itu telah berada pada posisi tersebut sejak 2014.

Semasa masih menjadi pemain, Unzue juga pernah memperkuat Barcelona pada periode 1988 hingga 1990. Fakta tersebut membuat Unzue tidak asing dengan tradisi Blaugrana.

Situasi itu membuat Luis Enrique dan sejumlah pemain Barcelona dikabarkan mendukung Unzue untuk mengasuh Blaugrana. Dukungan tersebut bermaksud agar sistem yang telah diterapkan Enrique bisa terus berlajut.

Unzue juga dinilai mengerti sistem di Barcelona dan dekat dengan para pemain. Hal itu merupakan salah satu nilai lebih untuk Unzue.

Meski begitu, Unzue memiliki kelemahan dari segi pengalaman. Pria asal Spanyol itu sempat dipecat setelah gagal membuat Racing Santender bertahan di La Liga pada musim 2011-2012.

3 dari 5 halaman

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde saat ini berstatus sebagai pelatih Athletic Bilbao. (AFP/Lluis Gene)

Ernesto Valverde merupakan kandidat kuat pengganti Luis Enrique. Pelatih berusia 53 tahun itu memahami sepak bola Spanyol dan mengenal dekat tradisi di Barcelona.

Valverde tercatat pernah bermain untuk Barcelona pada periode 1988 hingga 1990. Situasi tersebut membuat Valverde dianggap mampu melanjutkan tradisi Barcelona.

Selain itu Valverde juga memiliki catatan bagus selama menjadi pelatih. Sang pelatih telah memenangi tiga gelar Liga Yunani dan dua Piala Yunani bersama Olimpiacos serta meraih Supercopa de Espana 2015 saat mengasuh Athletic Bilbao.

Ernesto Valverde telah mengasuh Athletic Bilbao mulai 1 Juni 2013. Dengan segala keterbatasan skuat yang dimiliki, Valverde mampu membawa Los Leones bersaing di zona Eropa La Liga.

Deretan prestasi itu membuktikan kapasitas Valverde sebagai pelatih. Namun pola pragmatis yang kerap dia terapkan dinilai tidak sesuai dengan filosofi sepak bola menyerang Barcelona.

4 dari 5 halaman

Ronald Koeman

Ronald Koeman pernah meraih kesuksesan ketika masih menjadi pemain Barcelona. (AFP/Paul Ellis)

Ronald Koeman memiliki sejarah panjang bersama Barcelona. Pria asal Belanda itu pernah bermain untuk Blaugrana dan menjadi asisten pelatih klub tersebut.

Koeman merupakan bagian dari skuat Barcelona yang memenangi Liga Champions 1991-1992. Saat itu dia merupakan pencetak gol kemenangan Blaugrana atas Sampdoria.

Setelah hengkang dari Barcelona pada 1995, Koeman sempat bergabung dengan Feyenoord. Dua tahun kemudian pria yang kini berusia 54 tahun itu pensiun sebagai pemain dan memulai karier kepelatihan.

Sempat menjadi asisten pelatih tim nasional Belanda, Koeman diangkat sebagai asisten pelatih Louis van Gaal di Barcelona pada 1998.

Setelah menangani berbagai kesebelasan, Koeman diberitakan akan kembali ke Barcelona musim depan. Dia juga telah mengirimkan sinyal positif kepada jajaran manajemen Blaugrana.

Koeman juga pernah mengasuh kesebelasan La Liga saat melatih Valencia pada musim 2007-2008.

Selama menjadi pelatih, Koeman telah memenangi delapan gelar bergengsi dengan lima klub berbeda. Prestasi tersebut akan menjadi pertimbangan untuk pihak manajemen Barcelona.

5 dari 5 halaman

Phillip Cocu

Phillip Cocu masuk dalam daftar kandidat pelatih Barcelona. (Reuters/Susana Vera)

Seperti tiga calon lainnya, Phillip Cocu juga mantan pemain Barcelona. Cocu membela Blaugrana pada periode 1998-2004.

Setelah meninggalkan Barcelona, Cocu melanjutkan karier di PSV Eindhoven dan Al Jazira. Pria yang kini berusia 46 tahun itu mengakhiri karier sebagai pemain di Uni Emirat Arab pada 2008.

Setelah pensiun Cocu diangkat sebagai asisten pelatih timnas Belanda. Dia berhasil membantu Oranje melaju ke final Piala Dunia 2010 sebelum kalah 0-1 dari Spanyol.

Cocu lalu dipercaya sebagai pelatih interim PSV pada 2012. Berkat prestasi apiknya, dia diangkat menjadi pelatih tetap sejak 2013.

Setelah gagal memenangi Eredivisie pada musim pertamanya, Cocu memimpin PSV meraih gelar tersebut pada musim kedua.

Cocu bahkan mampu mempertahankan gelar tersebut musim berikutnya. Secara keseluruhan, sang pelatih telah mempersembahkan lima gelar juara untuk PSV.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer