Sukses


Ernesto Valverde Akui Gagal di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengakui jika kariernya sebagai pemain bersama Los Cules tidak berjalan mulus. Badai cedera membuatnya tak mampu berkontribusi banyak buat Barca.

Pria asal Spanyol ini pernah memperkuat Blaugrana pada musim 1988 hingga 1990. Valverde dibeli Barcelona untuk menambah daya gedor di lini depan.

Sayangnya, Ernesto Valverde gagal memperlihatkan performa terbaiknya. Kalah bersaing dengan Txiki Begiristain dan Gary Lineker, serta kerap dihantam cedera membuat Valverde hanya mampu mencetak delapan gol dari 24 pertandingan.

Meski begitu, dia turut membantu Barcelona meraih gelar juara Copa del Rey 1989-1990 dan Piala Winners 1988-1989. Dia pun akhirnya hengkang dari El Barca dan gabung ke Athletic Bilbao pada 1990, sebelum akhirnya pensiun pada 1 Juli 1997.

"Saya bukan pemain hebat ketika membela Barcelona. Saya menyadari itu," ujar Valverde.

"Saya tiba dengan cedera lutut, saya harus menjalani operasi, lalu saya menjalani operasi lain dan setahun kemudian saya hengkang ke Athletic Bilbao. Saya bukan pemenang di Barcelona sebagai pemain. Itu adalah kenyataan," lanjutnya.

Kini, Ernesto Valverde kembali ke Barcelona sebagai pelatih dan menggantikan posisi Luis Enrique. Pria 53 tahun itu pun berambisi meraih kesuksesan bersama Blaugrana.

"Sekarang saya lebih tua, waktu telah berlalu, saya memiliki perspektif yang berbeda. Ada permintaan di klub seperti Barcelona. Apa yang saya tidak tahu, saya akan belajar dan saya berharap era saya sebagai pelatih lebih baik ketimbang ketika menjadi pemain," paparnya.

Sumber: Sport

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer