Sukses


Cristiano Ronaldo dan 4 Pencetak Sejarah di Real Madrid

Bola.com — Real Madrid semakin dianggap layak menyandang gelar "Raja Eropa" setelah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengalahkan Juventus, 4-1, di Stadion Millenium, Cardiff, Sabtu (3/6/2017). Lantas, siapa saja sosok di balik kesuksesan El Real dalam beberapa taun terakhir?

Kini, Real Madrid tercatat sebagai klub pertama yang mampu meraih gelar Liga Champions selama dua musim beruntun. Sepanjang keikutsertaan dalam turnamen tersebut, Los Blancos telah mengoleksi total 12 trofi, jauh mengungguli AC Milan, yang meraih tujuh gelar.

Real Madrid juga untuk kali pertama mampu mengawinkan gelar La Liga dengan Liga Champions sejak 59 tahun silam. Real Madrid menjadi juara La Liga, setelah menghentikan perjuangan Barcelona, yang pada musim lalu mampu menjadi kampiun.

Prestasi Real Madrid ini tentunya tidak diraih tanpa kontribusi seluruh elemen klub. Di dalam lapangan, peran Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan serta staf pelatih memang sangat besar. Namun, bagaimana dengan kontribusi lainnya?

Berikut ini adalah lima sosok pencetak sejarah di Real Madrid, seperti dilansir Marca, Senin (5/6/2017):

Florentino Perez

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, berpose di depan koleksi trofi Liga Champions milik El Real. (Marca).

Nama Florentino Perez tidak dapat ditinggalkan jika berbicara mengenai faktor keberhasilan Real Madrid dalam beberapa tahun terakhir. Sang Presiden merupakan salah satu pembuat kriteria Los Galacticos sehingga membuat sejumlah bintang dunia bersedia berkarier di Santiago Bernabeu.

Dalam menjalankan kebijakannya, Florentino Perez dikenal sebagai pebisnis yang tidak segan mengeluarkan dana besar. Lihat saja ketika dia bisa memadukan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale dalam satu klub atau memberikan kepercayaan penuh kepada Zinedine Zidane untuk menentukan para pemain dalam skuat utama Real Madrid

2 dari 3 halaman

Martinez dan Calafat

Ramon Martinez adalah tangan kanan Florentino Perez dalam urusan pengembangan pemain muda Real Madrid. Ia bertanggung jawab dalam perekrutan pemain-pemain muda dan membantu menganalisis pemain yang memiliki masa depan cerah di Bernabeu.

Salah satu buah dari kerja keras Ramon Martinez adalah Marco Asensio dan Casemiro. Kedua pemain tersebut pun menyumbang gol saat Real Madrid menang 4-1 atas Juventus pada pertandingan final Liga Champions 2016-2017, di Cardiff.

Juni Calafat

Talent Scout Real Madrid, Juni Calafat. (Marca).

Juni Calafat bertanggung jawab mencari bakat-bakat muda bagi Real Madrid di luar Spanyol. Vinicius Junior menjadi salah satu pemain teranyar hasil bidikannya. Sebelumnya, ia juga mampu membawa talenta-talenta muda, seperti Martin Odegaard and Lucas Silva.

3 dari 3 halaman

Zidane dan Ronaldo

Zinedine Zidane memulai karier di Real Madrid sebagai pelatih tim muda. Saat Real Madrid meraih La Decima (gelar ke-10 Liga Champions), Zinedine Zidane berstatus sebagai asisten pelatih Carlo Ancelotti.

Setelah pelatih asal Italia tersebut hijrah, Zinedine Zidane mengambil posisi sebagai pelatih skuat utama. Ia pun langsung meraih kesuksesan dengan merai trofi Liga Champions 2015-2016 pada musim perdananya setelah mengalahkan Atletico Madrid.

Pada musim ini, Zinedine Zidane kembali menjadi sosok penting di balik sejarah yang dibuat Real Madrid. Salah satu strateginya yang paling berhasil adalah keputusan mengistirahatkan Cristiano Ronaldo dalam beberapa pertandingan menjelang akhir musim.

Keputusan itu berbuah manis karena performa bintang asal Portugal tersebut meningkat, tidak hanya di level domestik, tetapi juga di ajang Liga Champions. Pada pertandingan final, Cristiano Ronaldo bahkan menyumbang dua gol ke gawang Juventus.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (AFP/Javier Soriano)

Saat ini, Cristiano Ronaldo merupakan bintang dalam skuat utama Real Madrid. Semenjak bergabung pada 2009, pemain berusia 32 tahun tersebut mampu menjadi sosok sentral di balik berbagai kesuksesan Real Madrid di berbagai ajang.

Setelah pertandingan final di Cardiff, Cristiano Ronaldo dianggap berpeluang besar kembali meraih penghargaan Ballon d'Or. Hal ini mengacu terhadap berbagai rekor, termasuk sebagai pemain pertama yang mampu menjadi top scorer Liga Champions dalam lima musim beruntun.

Suporter Real Madrid pun dikabarkan ingin mantan pemain Manchester United tersebut menghabiskan karier di Santiago Bernabeu hingga umur 40 tahun. 

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer