Sukses


5 Penyebab Real Madrid Unggul Jauh dari Barcelona

Bola.com, Madrid - Real Madrid menjalani musim 2016-2017 dengan sangat gemilang. Hal itu seakan membuktikan kalau mereka merupakan klub besar, bahkan di atas rival abadi, Barcelona.

Musim lalu dilalui dengan istimewa bagi pasukan Zinedine Zidane. Real Madrid sukses akhiri musim depan ganda gelar, yakni La Liga dan Liga Champions.

Perolehan itu juga sukses mengakhiri dominasi Barcelona di liga domestik. Madrid mungkin tak selalu tak selalu tampil bagus. Tapi, mereka sukses mencatatkan sejumlah rekor dalam beberapa tahun terakhir.

Contohnya, mereka jadi satu-satunya tim yang berhasil mempertahankan gelar Liga Champions. Barcelona pada saat bersamaan justru harus kandas di perempat final.

Ada lima alasan lain yang menyebut Real Madrid lebih besar daripada Barca. Apa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

Cristiano Ronaldo

Ada banyak pendapat berbicara bahwa Cristano Ronaldo tidak lebih baik dari Lionel Messi. Namun, faktanya tahun lalu, penghargaan Ballon d'Or diraih Ronaldo. Setelah memenangi Euro 2016, Liga Champions, dan gelar La Liga, tampak jelas Ronaldo akan menerima penghargaan tersebut sekali lagi.

Messi mencuri perhatian dalam pertandingan El Clasico menjelang akhir musim. Namun Ronaldo tidak berhenti mencetak gol, dan selalu tampil cemerlang dalam pertandingan besar.

Ronaldo membuktikan kalau usia hanyalah angka. Sudah berusia 33 tahun, dia nyatanya masih sanggup menjadi top scorer di Liga Champions musim lalu. Dua golnya ke gawang Juventus di final menggenapkan torehan 12 gol di Liga Champions musim ini.

Pelatih

Sekarang ada perbedaan besar dalam sosok yang bertanggung jawab di kedua klub. Zinedine Zidane merupakan nama yang jauh lebih besar daripada Ernesto Valverde.

Mengapa demikian? Valverde melakukan pekerjaan yang fantastis di Athletic Bilbao, tapi tidak ada yang tahu apakah dia akan sukses di Barcelona. Tapi saat ini, Zidane jelas memiliki dua trofi Liga Champions dan gelar La Liga, sesuatu yang akan sangat sulit dibandingkan dengan Valverde dalam tahun-tahun depan.

Beberapa orang mengklaim bahwa Zidane beruntung dengan tim yang diwarisi Carlo Ancelotti. Namun, kemenangan melawan Juventus di final menjadi buktinya. Pasukannya tampil megah dan merobek Juventus dengan empat gol. Padahal tim itu cuma kebobolan dua gol sebelum final.

Trofi Liga Champions

Real Madrid kini telah memenangi tiga trofi Liga Champions dalam empat tahun. Menyudahi dahaga gelar Eropa dengan luar biasa setelah 12 tahun absen, merupakan bukti betapa bagusnya tim Madrid.

El Real telah mempersembahkan beberapa pertunjukan hebat di Eropa dalam beberapa musim terakhir, tingkat yang tidak dapat dijangkau Barcelona. Selain itu, Real Madrid juga menunjukkan kemampuan mereka untuk mempertahankan gelar di Eropa, sesuatu yang tak pernah diraih Barca.

Barcelona sebenarnya telah memenangkan lima trofi Liga Champions. Tapi Madrid? 12! Angka yang akan sukar dikejar klub manapun, termasuk Barca.

Talenta di Lini Tengah

Real Madrid kini memiliki kedalaman lini tengah yang luar biasa dengan pemain seperti, Toni Kroos, Luka Modric, Casemiro, Mateo Kovacic, Isco, dan banyak lagi. Barcelona? Mereka punya Andres Iniesta dan Sergio Busquets yang merupakan pemain kelas dunia. Namun, pemain lini tengah lainnya termasuk Denis Suarez, Andre Gomes serta Rafinha, belum bisa mengimbangi.

Blaugrana selalu terkenal karena memiliki lini tengah yang luar biasa. Namun, kini mereka tak punya kedalaman dan kualitas setara di lini tengah. El Barca berjuang untuk menggantikan Xavi Hernandez. Bisa dibilang merupakan keputusan buruk saat membiarkan Cesc Fabregas pergi ke Chelsea.

Kini, Real Madrid menjadi tim yang bisa mengendalikan lini tengah melawan tim manapun, meski salah satunya cedera. Di sisi lain, jika Barcelona kehilangan Busquets dan Iniesta karena cedera, mereka akan berjuang untuk menemukan pengganti.

Kekuatan Finansial Real Madrid

Real Madrid memiliki kekuatan finansial jauh lebih besar ketimbang Barcelona. Los Galacticos dapat mendatangkan siapa pun yang mereka ingin tanpa beban keuangan.

Memiliki nama-nama seperti Gareth Bale, James Rodriguez, dan Cristiano Ronaldo yang punya gaji selangit menjadi bukti kekuatan finansial El Real. Barcelona sebenarnya mampu membelanjakannya pemain mahal tertentu, seperti Luis Suarez dan Neymar. Tapi mereka tidak mampu menghabiskan sebanyak Real Madrid.

Baik Real Madrid maupun Barcelona adalah klub hebat. Tapi jika berbicara soal kuat secara finansial, Madrid jawabannya. Faktanya uang itu berbicara banyak dengan dua gelar yang diperoleh Madrid musim lalu.

(Artikel asli ditulis I. Eka Setiawan/diedit Reza Deni Saputra dan Achmad Yani Yustiawan/Liputan6.com)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer