4 Pemain yang Jadi Korban Nomor 10 di Real Madrid

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 26 Jul 2017, 19:43 WIB
Real Madrid

Bola.com, - Nomor punggung 10 merupakan sesuatu yang memiliki artian khusus dalam dunia sepak bola. Pada umumnya, pemain-pemain yang mengenakan angka itu merupakan para sosok andalan. Namun, Real Madrid memiliki mitos yang menjurus ke pandangan negatif ketika berbicara angka 10.

Luis Figo merupakan pemain terakhir dengan nomor punggung 10 yang meraih sukses di Real Madrid. Setelah kepergiannya, tidak ada satupun sosok yang memiliki nasib baik ketika mengenakan angka tersebut.

James Rodriguez merupakan contoh teranyar yang bernasib sial ketika mengenakan angka 10 di Real Madrid. Sempat menjadi pemain inti dan juga andalan, sang pemain perlahan mengalami penurunan performa dalam petualangannya di Santiago Bernabeu.

Puncaknya, James Rodriguez terpaksa menerima pinangan Bayern Munchen sebagai pemain pinjaman selama dua musim. Gelandang Kolombia itu ditengari memutuskan hijrah untuk menyelamatkan kariernya.

James Rodriguez merupakan satu dari sekian banyak contoh pemain yang mengalami nasib buruk ketika mengenakan angka 10 di Real Madrid. Hingga saat ini, setidaknya ada empat pemain lainnya yang memiliki takdir serupa. Berikut ini adalah ulasannya.

1 of 5

Robinho

Ketika masih membela Santos, Robinho sempat digadang-gadang sebagai titisan Ronaldinho. Real Madrid tak ayal memboyongnya ke Santiago Bernabeu pada Agustus 2005.

Robinho pun tanpa ragu mengenakan seragam nomor 10 warisan Luis Figo. Namun, penyerang 33 tahun itu gagal menjawab ekspektasi besar yang disematkan publik kepadanya.

Robinho dianggap tidak berkembang dan berkontribusi besar selama empat musim di Real Madrid. Alhasil, manajemen klub melegonya ke Manchester City pada September 2008.

 

2 of 5

Wesley Sneijder

Real Madrid mendatangkan Wesley Sneijder dari Ajax Amsterdam pada Agustus 2007. Pada awalnya, sang pemain mengenakan angka 23 ketika menjalani musim pertamanya di Santiago Bernabeu.

Wesley Sneijder pun menunjukkan performa yang cukup meyakinkan. Sang pemain mampu mencetak sembilan gol dari 39 penampilan di berbagai kompetisi.

Semusim berselang, Wesley Sneijder mengenakan nomor 10 karena Robinho memutuskan hengkang ke Manchester City. Namun, nomor itu membuat Sneijder terbebani dan tidak kunjung menunjukkan performa terbaiknya.

Real Madrid lanttas memutuskan melego Wesley Sneijder ke Inter Milan pada musim 2009-2010. Selama berseragam Los Blancos, Sneijder membukukan 11 gol dan 11 assist dari 66 laga di berbagai ajang.

3 of 5

Lassana Diara

Real Madrid membuat kejutan ketika mengumumkan transfer Lassana Diara pada Januari 2009. Publik mempertanyakan sikap manajemen klub karena memboyong pemain dari tim semenjana seperti Portsmouth.

Kekhawatiran publik pun akhirnya terbukti. Lassana Diara gagal unjuk gigi di Real Madrid. Performnya pun semakin menurun ketika memakai seragam nomor 10 warisan Wesley Sneijder pada musim 2009-2010.

Lassana Diara lantas dicap sebagai pembelian gagal Real Madrid. Pada September 2012, manajemen klub memutuskan melegonya ke Anzhi Makhachkala.

4 of 5

Mesut Ozil

Mesut Ozil merupakan pemain yang memiliki prospek cerah ketika datang dari Werder Bremen ke Real Madrid pda 2010. Sang pemain mampu menunjukkan penampilan apik pada musim pertamanya bersama Los Blancos.

Hengkangnya Lassana Diara membuat nomor 10 menjadi tidak bertuan. Mesut Ozil pun tidak ragu mengenakan angka itu dalam balutan seragamnya sejak awal musim 2010-2011.

Akan tetapi, mengenakan nomor 10 membuat Mesut Ozil mendapat banyak sorotan. Sang pemain sering mendapat berbagai kritikan karena fisiknya yang tidak cukup kuat. Merasa tidak kerasaan, sang pemain memutuskan hengkang ke Arsenal pada 2013.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓