Profil Tim La Liga 2017-2018: Bintang Barcelona Meredup

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 18 Agu 2017, 15:03 WIB
Ernesto Valverde

Bola.com, Barcelona - Barcelona memasuki masa kelam setelah Neymar hengkang ke Paris Saint-Germain. Kekalahan telak dengan agregat 1-5 dari Real Madrid pada laga piala Super Spanyol 2017, sudah bisa dijadikan parameter kualitas pasukan Ernesto Valverde saat ini.

Barcelona seakan tidak memiliki variasi serangan selepas kepergian Neymar. Tim Catalan selalu bertumpu kepada Lionel Messi untuk menggempur pertahanan lawannya. Namun, taktik itu tidak berjalan efektif dan mudah dijinakkan.

Apalagi, Barcelona tak kunjung mendapat pemain pengganti sekaliber Neymar. Selain Lionel Messi dan Luis Suarez, mereka hanya memiliki Gerard Deulofeu, Paco Alcacer, dan Munir El Haddadi, yang level permainannya masih jauh di bawah Neymar.

Situasinya semakin diperparah karena Luis Suarez harus menepi akibat cedera selama sebulan. Barcelona praktis mengalami krisis penyerang lantaran hanya mengandalkan Lionel Messi seorang.

Gerard Deulofeu, Paco Alcacer, dan Munir El Haddadi, sejatinya adalah para pemain yang memiliki kualitas dan bisa diharapkan. Namun, mereka diprediksi akan sulit unjuk gigi jika meniliki situasi dan tekanan yang begitu besar di kubu Catalan saat ini.

Barcelona juga tidak memiliki lini tengah yang memadai untuk memberikan dukungan kepada para penyerangnya. Andres Iniesta yang biasanya menjadi poros, kini telah melewati periode puncak. Rentetan cedera membuat sang kapten sulit menemukan sentuhan terbaik pada usianya yang menginjak 33 tahun.

Andre Gomes, Ivan Rakitic, Denis Suarez, dan Arda Turan, pun tidak bisa diharapkan karena memiliki gaya permainan berbeda. Mobilitas dan determinasi mereka dianggap tidak sebaik Andres Iniesta ketika dalam performa puncak.

Sektor bek kiri juga menjadi permasalahan klasik yang belum mendapat penawarnya hingga saat ini. Barcelona tidak kunjung mendapat pengganti sepadan selepas hengkangnya Dani Alves. Sergi Roberto dan Aleix Vidal yang biasa menjadi langganan masih jauh dari harapan.

Barcelona sejatinya mendatangkan Nelson Semedo pada bursa transfer musim panas 2017. Namun, sang pemain dianggap kurang menjanjikkan setelah melihat performanya pada laga-laga pramusim saat ini.

Meniliki segala permasalahan itu, manajemen Barcelona harus segera berbenah dan membeli sejumlah amunisi bintang. Saat ini skuat yang ada tidak cukup kompetitif untuk bersaing dengan Real Madrid dan menjadi jawara di berbagai kompetisi.

Camp Nou

Camp Nou merupakan stadion kebanggaan Barcelona yang telah berdiri sejak 1957. Sering kali lawan-lawan yang dihadapi kubu Catalan menjadi inferior di tempat yang memiliki kapasitas 98.772 kursi tersebut.

Akan tetapi, keangkeran Camp Nou seakan memudar sepanjang jika menilik performa Barcelona musim 2016-2017. Tim Catalan menelan dua kekalahan dan sekali imbang dari total 19 pertandingan kandang La Liga. Hilangnya sejumlah poin lanntas memuluskan langkah Real Madrid menjadi kampiun liga.

Situasi negatif itu berbanding terbalik jika menilik performa 19 laga kandang Barcelona dua musim sebelumnya. Lionel Messi dan kawan-kawan hanya mencatatkan masing-masing sekali imbang dan kalah di pentas La Liga.

Ernesto Valverde pun dituntut segera memperbaiki performa Barcelona saat melakoni laga kandang musim ini. Mereka tentunya tidak ingin kembali kehilangan gelar akibat mendapat serangkaian hasil negatif di hadapan publik sendiri.

Apalagi, Barcelona baru saja kembali menelan hasil negatif ketika kalah 1-3 dari Real Madrid pada pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol, di Stadion Camp Nou, 13 Agustus 2017.

Skuat

Barcelona tengah berupaya mencari pengganti Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain. Sejumlah pemain bintang seperti Philippe Coutinho (Liverpool) dan Ousmane Dembele (Borussia Dortmund) masuk ke dalam bidikan.

Akan tetapi, Barcelona menemui hambatan merealisasikan ambisinya. Borussia Dortmund dan Liverpool sama-sama bersikukuh tidak ingin melepas aset berharga mereka berapa pun harganya.

Barcelona lantas tengah dihadapkan dengan situasi pelik karena tenggat bursa transfer memasuki periode akhir. Manajemen Catalan harus segera meresmikan suksesor Neymar agar dapat kompetitif ketika musim bergulir.

Meski demikian, Barcelona sejatinya mendapatkan sejumlah tenaga anyar saat ini. Manajemen klub telah mengamankan tanda tangan Nelson Semedo, Marlon Santos, Gerard Deulofeu, dan Paulinho.

Akan tetapi, nama terakhir yang didatangkan Barcelona membuat publik mengernyitkan dahi. Barcelona diangggap melakukan kontroversi ketika memboyong Paulinho dari Guangzhou Evergrande seharaga 40 juta euro (Rp 628,13 miliar) per 14 Agustus 2017.

Jumlah dana yang dikeluarkan pihak Barcelona dinilai terlalu tinggi untuk Paulinho yang telah berusia 29 tahun. Apalagi, Paulinho juga sempat dicap sebagai rekrutan gagal ketika membela Tottenham Hotspur pada 2013-2015.

Skuat Barcelona (hingga 18 Agustus 2017)

Penjaga gawang: Marc-Andre ter Stegen, Jasper Cillisen.

Bek: Nelson Semedo, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, Lucas Digne, Aleix Vidal, Samuel Umtiti, Marlon Santos, Thomas Vermaelen, Douglas.

Gelandang: Paulinho, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Denis Suarez, Arda Turan, Andres Iniesta, Rafinha Alcantara, Andre Gomes, Sergi Roberto, Sergi Samper.

Penyerang: Munir El-Hadadi, Paco Alcacer, Gerard Deulofeu, Lionel Messi, Luis Suarez.

Andre AtayaAndre Ataya

seneng sihh liatnnyaa madrid jadi lenggang berkuasa ga ada saingan terberatnnya hahahaha