Profil Tim La Liga 2017-2018: Dominasi Real Madrid

Oleh Ary Wibowo pada 18 Agu 2017, 16:04 WIB
Real Madrid

Bola.com — Real Madrid memulai musim 2017-2018 dengan baik. Setelah berhasil meraih trofi Piala Super Eropa dengan menekuk Manchester United, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sukses mengalahkan Barcelona pada ajang Piala Super Spanyol.

Raihan dua trofi tersebut ditengarai akan menjadi motivasi tersendiri bagi para pemain El Real menyambut musim baru. Apalagi, melihat dari komposisi skuat, Real Madrid bisa dibilang sangat baik untuk saat ini, apabila dibandingkan dengan Barcelona, rival utama mereka.

Awalnya, banyak yang memprediksi Real Madrid melakukan blunder ketika melepas beberapa pemain bintang pada bursa transfer musim panas 2017. Tidak tanggung-tanggung, nama-nama besar seperti Alvaro Morata, James Rodriguez, hingga Danilo dipersilakan keluar dari pintu Bernabeu.

Upaya tersebut dikabarkan merupakan bagian rencana Real Madrid mendatangkan bintang muda AS Monaco, Kylian Mbappe. Namun, rumor ketertarikan Los Blancos meredup seiring langkah Paris Saint-Germain merekrut Neymar, yang menjadi pembelian termahal dalam sejarah sepak bola.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengatakan, klubnya tidak akan merekrut Kylian Mbappe jika satu di antara tiga bomber andalannya hengkang. Satu nama yang ditengarai masuk ke daftar jual adalah bintang Wales, Gareth Bale.

Kontribusi Gareth Bale tidak signifikan karena sering mengalami cedera pada musim lalu. Menurut catatan Transfermarkt, ia hanya mencetak sembilan gol dan lima assist dari total 27 pertandingan di berbagai ajang.

Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo (AFP)

Zidane wajib berpikir ulang jika ingin melepas Gareth Bale dan menggantinya dengan Kylian Mbappe, yang proses transfernya belum menemui titik terang sejauh ini. Apalagi, Cristiano Ronaldo baru saja menerima hukuman dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) karena terbukti bersalah mendorong wasit pada laga melawan Barcelona, pekan lalu.

Akan tetapi, faktanya tanpa Ronaldo, Real Madrid masih mampu berbicara banyak. Saat mengalahan Barcelona, 2-0, pada laga leg kedua Piala Super Spanyol, determinasi mereka sangat luar biasa. Demikian halnya dengan Marco Asensio yang menggantikan peran Cristiano Ronaldo di lini serang.

Hal tersebut merupakan salah satu bukti, Real Madrid memiliki peluang besar untuk kembali berbicara banyak pada musim 2017-2018, tidak hanya di ajang La Liga, tetapi juga tentu pada Liga Champions. Satu-satunya faktor yang bisa menghambat hal tersebut adalah cedera pemain.

1 of 3

Santiago Bernabeu

Santiago Bernabeu
Markas Real Madrid, Santiago Bernabeu. (Gray Line)

Publik Santiago Bernabeu baru saja menggelar pesta setelah keberhasilan El Real mengalahkan Barcelona, dua gol tanpa balas, di ajang Piala Super Spanyol 2017. Real Madrid menjadi juara, setelah menang agregat 5-1.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memang selalu tampil luar biasa jika di hadapan pendukungnya sendiri. Bahkan, pada musim lalu, Real Madrid sempat mencatatkan rekor tidak terkalahan di kandang hingga periode April 2017.

Barcelona menjadi klub yang menghentikan catatan tersebut setelah mengalahkan Real Madrid, 3-2, di Santiago Bernabeu. Hasil ini pun menjadi satu-satunya kekalahan kandang skuat asuhan Zinedine Zidane pada musim 2016-2017.

Pada musim ini, Real Madrid tentu akan kembali berharap besar kepada publik Bernabeu. Target pertama sudah dicapai, yakni ajang Piala Super Spanyol. Selanjutnya, masih ada beberapa trofi utama yang akan menjadi target, musim ini. 

"Suporter telah memberikan dukungan luar biasa kepada kami setiap musimnya. Sangat menyenangkan bisa merayakan pesta juara (Piala Super Spanyol) di depan mereka," kata gelandang Real Madrid, Toni Kroos. 

2 of 3

Skuat

Real Madrid
Gelandang Real Madrid Marco Asensio (tengah) merayakan gol ke gawang Barcelona pada leg kedua Piala Super Spanyol 2017 di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (16/8/2017). (AFP/Gabriel Bouys)

Real Madrid tidak banyak melakukan perubahan dalam skuat utama. Hanya saja, pada musim panas 2017, mereka sempat mencuci gudang para pemain bintang yang jarang mendapatkan kesempatan bermain reguler, satu di antaranya yang mengejutkan adalah Alvaro Morata.

Morata dijual ke Chelsea, sementara pemain lainnya, James Rodriguez ke Bayern Munchen, dan Danilo (ke Manchester City). Dana-dana dari penjualan bintang tersebut dikabarkan akan digunakan Real Madrid untuk memboyong penyerang muda AS Monaco, Kylian Mbappe. 

Sayang, hingga saat ini, negosiasi transfer antara Real Madrid dan AS Monaco masih mandek. AS Monaco diberitakan ingin menaikkan harga sang pemain, sementara pelatih Zinedine Zidane menyatakan, tidak akan merekrut pemain baru jika satu di antara tiga striker tidak dilepas El Real. 

Berikut ini adalah skuat Real Madrid untuk musim 2017-2018 (daftar pemain hingga 18 Agustus 2017).

Kiper: 1-Keylor Navas, 13-Kiko Casilla

Bek: 2-Dani Carvajal, 3-Jesus Vallejo, 4-Sergio Ramos, 5-Raphel Varane, 6-Nacho, 12-Marcelo, 15-Theo Hernandez

Gelandang: 8-Toni Kroos, 10-Luka Modric, 14-Casemiro, 18-Marcos Llorente, 20-Marco Asensio, 22-Isco, 23-Mateo Kovacic, 24-Dani Ceballos

Penyerang: 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema, 11-Gareth Bale, 17-Lucas Vazquez, 21-Borja Mayoral

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓