Sukses


Fakta 3 Lawan Barcelona pada Fase Grup Liga Champions 2017-2018

Bola.com, Barcelona - Barcelona berada di Grup D Liga Champions 2017-2018. Tiga lawan sudah menanti Barcelona, yakni Juventus, Olympiakos dan Sporting Lisbon.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengakui seluruh tim yang berada di Grup D memiliki keunggulan masing-masing. Uniknya, satu tim yang menjadi perhatian ekstra Valverde adalah Olympiakos, bukan Juventus atau Sporting Lisbon.

Menurut Valverde, Olympiakos menjadi tim kuda hitam yang susah ditebak. Ia mengaku belum memiliki referensi tepat terkait pola permainan klub asal Yunani tersebut. Baginya, Olympiakos masih menjadi misteri.

"Olympiakos sangat berbahaya dibanding Juventus atau Sporting Lisbon. Bukan bermaksud meremehkan dua tim besar tersebut, namun Olympiakos tak bisa dianggap angin lalu. Saya pikir kami akan berusaha keras ketika bermain di markas mereka," terang Valverde.

Bagi Barcelona, tiga lawan di pentas Grup D Liga Champions 2017-2018 memiliki hubungan tersendiri. Berikut ini fakta 3 musuh Barcelona.

2 dari 4 halaman

Juventus

Bagi Barcelonistas, nama Juventus tak mungkin terlupakan. Masih segar dalam ingatan fans Barcelona saat tim kesayangan mereka harus tersingkir pada musim lalu. Padahal, sebelum bersua Juventus, mereka tampil menawan kala menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG).

Maklum, performa kala menyingkirkan PSG dianggap menjadi satu di antara penampilan terhebat sepanjang masa Barcelona. Sayang, Barcelona tak berdaya di depan Juventus, dan menyerah dengan skor agregat 3-0.

Pertemuan terakhir Barcelona dan Juventus terjadi pada International Champions Cup (ICC) 2017. Bermain di New Jersey, Barcelona unggul 2-1.

3 dari 4 halaman

Olympiakos

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menyebut Olympiakos menjadi lawan yang paling misterius. Secara sejarah, Barcelona belum pernah bertemu dengan Olympiakos di partai resmi.

Kedua tim pernah bertemu pada laga persahabatan pada 1962 saat Barcelona menang 2-0 dan kalah 0-1 pada leg 2. Satu yang menjadi istimewa, Valverde pernah berada di Piraeus, dan menggondol tiga trofi juara Liga Yunani dan dua Piala Yunani.

4 dari 4 halaman

Sporting Lisbon

Klub asal Portugal tersebut tak asing lagi bagi penduduk Barcelona. Maklum, negara tetangga, Sporting Lisbon bakal memiliki koneksi dengan Barcelonaa.

Pada fase grup musim ini, Barcelona akan bertemu lagi dengan eks bek, Jeremy Mathieu. Barcelona dan Sporting Lisbon pernah berada dalam satu grup di pentas Liga Champions, tepatnya musim 2008-2009. Kala itu, Barcelona unggul aggregat 8-3.

Pada pertemuan lain, Barcelona menang 3-1 di pentas Turnamen Joan Gamper edisi tahun 1999, lalu Piala UEFA 1986-1987 dan final Latin Cup 1948-1949.

Sumber: FCBarcelona, El Mundo Deportivo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer