Sukses


Valverde Ubah Posisi Lionel Messi, Barcelona Lebih Tajam

Bola.com, Barcelona - Ada yang berbeda dengan penampilan Lionel Messi pada babak kedua saat Barcelona bersua Alaves, pada laga lanjutan La Liga 2017-2018, di Stadion Mendizorrotza, Sabtu (26/8/2017) malam WIB. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menjadikan Lionel Messi sebagai false nine.

Seperti dirilis Sport.es, Valverde mengubah gaya bermain anak asuhnya pada awal babak kedua. Masuknya Paco Alcacer memberi nuansa berbeda. Saat itu, Lionel Messi bertransformasi peran sebagai si false nine.

Efeknya tergolong positif. Lionel Messi bisa bergerak bebas ke manapun, tanpa harus khawatir tak ada 'striker' yang berada di depannya, atau gelandang yang ada di kanan-kirinya.

Lionel Messi mencetak gol pada menit ke-55 dan 66'. Sepasang gol tersebut membuat Barcelona membawa pulang tiga angka setelah menang 2-0. Secara pribadi, Lionel Messi juga mencatat rekor pribadi, yakni koleksi gol ke-352.

Angka itu memiliki arti luar biasa. Lionel Messi menjadi orang kedua setelah Gerd Muller yang mampu mencetak gol lebih banyak di kancah liga domestik. Tak hanya itu, Lionel Messi selalu bisa mencetak gol pada 14 musim berkarier di pentas La Liga.

Valverde mengungkapkan, keputusan mengubah peran dan posisi Lionel Messi menjadi false nine berlatar pada kondisi tim. Messi bermain tanpa Luis Suarez, plus belum adanya Ousmane Dembele.

Walhasil, ketika memasang Sergi Roberto di kanan dan Gerard Deulofeu di sisi kiri, Lionel Messi seolah tak punya partner. Berstatus target man justru tak memberi ruang bagi Sang Messiah.

Melihat gelagat tak bagus tersebut, Valverde berinisiatif 'menurunkan' posisi Lionel Messi. Alhasil, Barcelona bermain tanpa penyerang murni. Messi dan Alcacer bergantian mengisi peran striker.

"Kami sudah melakukan itu pada sesi latihan sebagai rencana cadangan. Nyatanya kami harus mengaplikasikan itu. Messi memiliki kemampuan sebagai false nine, dan itu menguntungkannya. Ia bisa bebas bergerak pada jarak 15 - 18 meter dari gawang lawan, sehingga mudah menentukan keputusan," beber Valverde.

Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic mengakui strategi false nine sebagai senjata tersembunyi. Meski sudah banyak klub yang menggunakan sistem bermain seperti itu, Rakitic mengakui komposisi Barcelona lebih pas.

Namun, Rakitic yakin, ketika Dembele sudah bergabung, Lionel Messi akan kembali lagi ke peran yang sesungguhnya. "Ide yang barus ketika bermain dengan false nine karena kami mudah menguasai permainan. Tapi kami akan lebih ofensif lagi jika Messi kembali ke tempat semula," tegasnya.

Sumber: Sport.es

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer