Sukses


Kenapa Klausul Pelepasan Messi Jauh Lebih Murah daripada Ronaldo?

Bola.com, Barcelona - Barcelona dikabarkan "hanya" memasang klausul pelepasan Lionel Messi sebesar 300 juta euro (Rp 4,6 triliun). Jumlah ini jauh lebih murah daripada bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang, menurut media-media Spanyol, klausul pelepasannya mencapai 1 miliar euro (Rp 15 triliun). 

Persoalan klausul pelepasan pemain menjadi topik utama pembahasan dunia sepak bola setelah Paris Saint-Germain merekrut Neymar dari Barcelona. PSG menggelontorkan dana 222 juta euro (Rp 3,2 triliun), yang notaben merupakan klausul pelepasan sang pemain. Neymar pun menjadi pemain termahal di dunia. 

Setelah transfer terlaksana, suporter Barcelona mengkiritk kebijakan Barcelona yang menggunakan pendekatan berbeda daripada klub-klub lainnya. ESPN pernah melansir, Lionel Messi menjadi pemain yang memiliki klausul pelepasan tertinggi di antara pemain-pemain Barcelona lainnya. (Baca: Daftar Harga Klausul Pelepasan Pemain Barcelona dan Real Madrid)

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengaku, klubnya memang memiliki cara tersendiri dalam menyikapi banderol klausul para pemainnya. Menurut dia, Barcelona akan mencoba maksimal mempertahankan pemain yang jika memang sangat dibutuhkan tim. 

"Barcelona tidak akan membuat pemain bertahan jika mereka memberitahu kami ingin pergi, seperti yang terjadi di klub-klub Eropa lainnya. Kami berpikir, para pemain datang ke sini, untuk bermain dan menunjukkan performanya. Itu tidak tergantung terhadap klausul 500, 600, 1000, atau bahkan 1500 juta euro," kata Bartomeu.

"Kami dapat memasukkan klausul yang kami inginkan jika pemain ingin pergi. Kami akan duduk bersama dan berbicara bagaimana melakukan hal tersebut," ia menambahkan. 

Menurut Bartomeu, pendekatan Barcelona tersebut memang tidak terlaksana dengan baik dalam transfer Neymar ke PSG. Ia menuturkan, "Jika kami melakukan cara tersebut, itu (proses perpindahan Neymar ke PSG), seharusnya bisa menjadi lebih baik lagi bagi semua orang."

Sumber: Sport

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer