Sukses


Menilai Peluang Gerard Pique Perkuat Timnas Catalunya

Bola.com, Barcelona - Kabar mengenai kemerdekaan Catalunya berimbas kepada dunia sepak bola. Sejumlah pemain dikabarkan ingin pindah dari timnas Spanyol ke timnas Catalunya, termasuk Gerard Pique.

Meski begitu, keinginan Pique untuk membela timnas Catalunya terancam menemui jalan terjal. Pasalnya, Pique sudah memperkuat timnas Spanyol.

Salah satu aturan yang tertuang pada pasal 17 statuta FIFA menyatakan jika seorang pemain tidak dapat membela dua negara berbeda level senior pada ajang resmi. Hal itu demi menghindari maraknya tren naturalisasi pemain yang kerap terjadi pada masa lalu.

Aturan itu akan mempersulit langkah Pique untuk memperkuat timnas Catalunya. Terlebih, salah satu anggota Komite Status FIFA berasal dari Spanyol, Jose Maria Cruz. Cruz diperkirakan akan mempersulit keinginan Pique.

Selain itu, berkaca terhadap kasus yang menimpa timnas Kosovo pada 2016, Pique kemungkinan besar akan sulit membela timnas Catalunya. Saat itu, beberapa pesepak bola berdarah Kosovo tidak dapat membela negara itu karena aturan FIFA.

FIFA melarang pemain yang terdaftar pada turnamen resmi terakhir untuk berganti kewarganegaraan. Hal itu membuat nama-nama seperti Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, dan Taulant Xhaka yang tampil di Piala Eropa 2016 tidak dapat bermain untuk Kosovo.

Kondisi tersebut membuat Pique harus berkorban jika ingin membela timnas Catalunya. Bek berusia 30 tahun itu harus absen pada Piala Dunia 2018. Setelah itu, Pique dapat membela timnas Catalunya pada kualifikasi Piala Eropa 2020.

Peraturan itu ditengarai melandasi keputusan Pique untuk mundur dari timnas Spanyol sebelum 2018. Sebelumnya, bek Barcelona itu beralasan ingin pensiun jika dukungan terhadap kemerdekaan Catalunya dianggap menimbulkan masalah.

Selain Gerard Pique, nama-nama seperti Sergio Busquets, Hector Bellerin, dan Cesc Fabregas terancam mendapatkan hadangan serupa karena membela timnas Spanyol di Piala Eropa 2016. Namun, Xavi Hernandez justru berpeluang kembali dari masa pensiun karena tidak memperkuat timnas Spanyol sejak 2014.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer