Sukses


3 Faktor Penyebab Real Madrid Gugur di Markas Girona

Bola.com - Real Madrid kembali menanggung malu ketika takluk 1-2 dari Girona dalam pertandingan pekan ke-10 La Liga, di Stadion Municipal de Montilivi, Minggu (29/10/2017).

Skuat Zinedine Zidane sempat unggul lebih dulu melalui gol Isco Alarcon pada menit ke-12. Namun, Girona tampil di luar dugaan karena bisa membalik kedudukan lewat kreasi Cristhian Stuani (54') dan Portu (58').

Berdasarkan statistik ESPN FC, Real Madrid tampil mendominasi jalannya pertandingan kerena mengklaim penguasaan bola sebesar 62 persen berbanding 38 persen yang ditorehkan Girona. Namun, kedua tim memiliki catatan berimbang soal membuat ancaman ke gawang.

Real Madrid mendapatkan total 15 peluang meski hanya enam yang mengarah ke gawang. Adapun Girona juga mendulang 15 kesempatan dan empat yang tepat sasaran.

Hasil negatif memaksa Real Madrid tetap menghuni peringkat ketiga dengan torehan 20 poin di klasemen sementara. Mereka tertinggal delapan angka dari Barcelona yang menduduki urutan teratas.

Berikut ini setidaknya tiga faktor yang membuat Real Madrid gugur di markas Girona.

2 dari 4 halaman

Minimnya Variasi Taktik

Absennya Gareth Bale karena cedera membuat Zinedine Zidane menerapkan skema 4-3-1-2 ketika melawan Girona. Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema ditempatkan sebagai juru gedor utama dengan ditopang oleh Isco Alarcon dari lini kedua.

Akan tetapi, taktik yang diterapkan Zidane tidak berjalan efektif. Girona mampu mengisolasi pergerakan Ronaldo dan Benzema sehingga sulit menciptakan peluang mencetak gol. Bahkan, tim tuan rumah tampil agresif jika menilik statistik sepanjang laga.

Jika menilik tayangan ulang ketika Real Madrid dalam posisi tertinggal, Zidane hanya mengandalkan taktik bola-bola crossing dari sisi sayap yang harapannya bisa memecah kebuntuan. Namun, hingga laga berakhir skor tidak berubah.

3 dari 4 halaman

Performa Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema

Hasil negatif setidaknya bisa diminimalisir jika lini serang tampil produktif. Real Madrid tidak menunjukkan hal itu karena barisan depan tampil kurang maksimal ketika bermain kontra Girona.

Deut Ronaldo dan Benzema mengklaim sembilan peluang selama pertandingan bergulir. Namun, empat tembakan ke arah gawang yang mereka ciptakan tidak berbuah hasil manis untuk Real Madrid.

Buruknya performa Ronaldo dan Benzema semakin memperpanjang statisik negatif mereka sepanjang musim ini. Hingga saat ini, kedua pemain itu baru mencetak satu gol dari enam laga La Liga yang telah dijalani.

4 dari 4 halaman

Zinedine Zidane Jemawa

Real Madrid tampil impresif sepanjang musim lalu. Berkat permainan gemilang, Sergio Ramos dan kawan-kawan sukses mengklaim gelar La Liga dan Liga Champions.

Situasi itu membuat Zinedine Zidane jemawa dengan tidak membeli pemain-pemain bintang selama bursa transfer musim panas 2017. Sang pelatih pun mengatakan skuat yang ada sudah cukup kompetitif untuk mengarungi berbagai kompetisi musim ini.

Akan tetapi, sikap optimistis Zidane menjadi bumerang. Dua kekalahan di La Liga musim ini, seakan menjadi bukti jika Real Madrid membutuhkan pesepak bola bintang yang dapat menghadirkan persaingan di skuat utama.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer