Sukses


Demi Penonton Asia, El Clasico Digelar Siang

Jakarta Laga Real Madrid kontra Barcelona yang kerap disebut El Clasico akan berlangsung di waktu yang tidak biasa. Kick-off pertandingan yang digelar di Santiago Bernabeu itu tepat pukul 19.00 WIB. 

Terdapat perbedaan enam jam antara Indonesia dan Spanyol. Waktu di Indonesia lebih dulu, yang artinya ketika El Clasico berlangsung pukul 19.00, di Madrid baru pukul 13.00.

Untuk pertama kalinya, kick-off El Clasico berlangsung saat jam makan siang. Kebijakan itu diambil tidak lain untuk memanjakan para penonton di Benua Asia.

Pertemuan Real Madrid dengan Barcelona selalu jadi magnet bagi pencinta sepak bola dunia. Pada El Clasico yang berlangsung Desember 2016, Nielsen Sports mencatat penghasilan sponsor untuk laga itu mencapai USD 42,5 juta.

2 dari 3 halaman

Penghasilan El Clasico

Penghasilan itu diperoleh dari jersey sponsor, iklan di stadion. Televisi juga jadi target empuk meraih keuntungan, sehingga La Liga mencoba memberikan siaran yang memanjakan.

La Liga sadar fakta bahwa mereka masih di belakang Premier League untuk penghasilan dari siaran televisi asing, khususnya Asia. Pasar Asia diketahui sebagai sangat besar untuk meraup untung.

Penting untuk memanjakan benua Asia agar termotivasi menjadi sponsor klub-klub La Liga. Tahun lalu, Barcelona menandatangani kontrak senilai 220 juta euro dengan perusahaan Jepang, Rakuten sebagai sponsor mereka.

3 dari 3 halaman

400 Juta Pasang Mata

Targetnya, pertandingan El Clasico antara Real Madrid melawan Barcelona akan disaksikan 400 juta pasang mata. Hanya dari siaran televisi, pemasukan bisa mencapai sekitar USD 28,8 juta.

Namun, beberapa analis menganggap bahwa La Liga kehilangan trik untuk merebut pasar asing. Padahal, seharusnya La Liga mengeksploitasi kedekatan budaya dan bahasa mereka dengan penonton Amerika Latin, bukan Asia.

Video Populer

Foto Populer