Sukses


Xavi Sebut Valverde Adopsi Gaya Main Barcelona

Jakarta Legenda Barcelona, Xavi Hernandez menganggap masuknya Ernesto Valverde telah membangkitkan lagi Barcelona. Xavi menilai gaya main Valverde telah membuat Barcelona kembali bermain indah.

"Valverde? Dia mengadopsi gaya main Barcelona 100 persen. Dia merevitalisasi lagi gaya main Barcelona," ujar Xavi seperti dilansir Football Espana.

Xavi mengatakan, taktik Valverde membuat Barcelona memainkan penguasana bola dengan maksimal. Pria berusia 37 tahun juga menganggap Valverde berhasil membuat Lionel Messi bermain dengam maksimal.

"Messi adalah pemain yang membuat kacau di lini pertahanan lawan," ujar Xavi.

 

 

2 dari 3 halaman

Terbantu Paulinho

Paulinho (AP/Manu Fernandez)

Lebih lanjut, Xavi juga menganggap kesuksean Barcelona sejauh ini tidak terlepas dari sosok Paulinho. Xavi yang saat ini bermain bagi Al Sadd mengatakan, kehadiran Paulinho membuat serangan Barcelona lebih variatif.

"Para pemain yang bermain melebar juga punya peran yang lebih besar ketika menyerang sisi kosong. Ada juga Paulinho yang datang dari belakang," ujar Xavi.

3 dari 3 halaman

Tak Terduga

Kesuksesan Barcelona di bawah Valverde boleh dibilang tidak terduga. Pasalnya, kekuatan Barcelona justru berkurang drastis jelang musim ini bergulir.

Barcelona kehilangan Neymar yang di musim lalu jadi salah satu sosok kunci selain Luis Suarez dan Messi. Barcelona kemudian mendatangkan Ousmane Dembele sebagai ganti.

Sayang, Dembele justru lebih banyak menghabiskan waktu di meja operasi ketimbang lapangan.

Namun Valverde berhasil membaikkan situasi. Barcelona kini mantap di puncak klasemen Liga Spanyol dengan 45 poin. Messi dan kawan-kawan juga belum terkalahkan hingga pekan ke-17.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

Video Populer

Foto Populer