Sukses


Mendieta Anggap Ernesto Valverde Bikin Barcelona Lebih Seimbang

Bola.com, Jakarta - Eks gelandang timnas Spanyol, Gaizka Mendieta, menganggap Ernesto Valverde membawa perubahan positif ke Barcelona meski sempat diragukan. Menurut Mendieta, La Blaugrana lebih seimbang sejak Valverde menjabat.

Pelatih berusia 53 tahun itu menangani Lionel Messi dan kawan-kawan sejak awal musim 2017-2018. Valverde menggantikan Luis Enrique yang kontraknya berakhir pada 30 Juni 2017.

Berstatus sebagai mantan pemain Barcelona, namun kualitas Valverde sempat dipertanyakan berbagai pihak. Bukan tanpa alasan, rekam jejaknya kurang meyakinkan karena hanya pernah mengasuh tim-tim papan tengah seperti Athletic Bilbao dan Villarreal.

Keraguan itu berembus semakin kencang setelah Barcelona kalah agregat 1-5 dari Real Madrid pada Piala Super Spanyol 2017. Valverde dianggap bertanggung jawab atas kekalahan tersebut.

Meski begitu, Valverde mampu mematahkan keraguan ketika musim dimulai. Menurut Gaizka Mendieta, kesuksesan Valverde disebabkan perubahan formasi ke 4-4-2.

"Barcelona memulai musim dengan kurang baik karena kalah pada Piala Super Eropa, tetapi mereka berbenah dan punya strategi baru. Valverde membawa Barcelona ke level yang lebih tinggi," ujar Mendieta kepada Bola.com.

"Barcelona sukses mencetak 45 gol dan hanya kebobolan tujuh. Menurut saya, Valverde berhasil membuat Barcelona seimbang di semua lini setelah mengganti formasi dari 4-3-3 ke 4-4-2," lanjutnya.

Barcelona menang 3-0 atas Real Madrid pada laga pekan ke-17 La Liga 2017-2018, Sabtu (23/12/2017). Berkat hasil tersebut, Blaugrana merajai klasemen sementara dengan koleksi 45 poin, unggul 14 angka dari Los Blancos yang masih punya tabungan satu laga.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer