Sukses


Ronaldo Nyaris Terlempar dari 50 Besar Daftar Nilai Pemain

Bola.com, Madrid - Cristiano Ronaldo sudah tidak lagi menyadang status sebagai pemain termahal dunia sejak 2013 lalu. Bahkan, nilainya menurun drastis dalam empat tahun terakhir.

Berdasar penelitian CIES Football Observatory, Ronaldo kini menempati posisi 49 dalam daftar nilai pemain.

Di angka 80,4 juta euro, pemain berkebangsaan Portugal itu kalah dari nama-nama seperti Anthony Martial dan Nicolas Otamendi. Dia hanya satu posisi lebih baik dari penggawa AS Monaco, Fabinho.

Ronaldo tertinggal jauh dari Neymar yang menduduki peringkat teratas. Penggawa Paris Saint-Germain itu bernilai 213 juta euro.

Lionel Messi berada di urutan kedua dengan €202,2 juta. Sementara Harry Kane menduduki peringkat tiga di angka 194,7 juta euro.

2 dari 3 halaman

Dominasi Liga Inggris

Harry Kane. (AFP/Adrian Dennis)

CIES Football Observatory mendapatkan nilai pemain dari lima liga top Eropa mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk usia, posisi di lapangan, durasi kontrak, penampilan, dan status internasional.

Liga Inggris mendominasi daftar 10 besar dengan mengirim lima wakil. Selain Kane, pemain lain adalah Dele Alli (171,3 juta euro), Kevin De Bruyne (167,8 juta euro), Romelu Lukaku (164,8 juta euro), dan Paul Pogba (147,5 juta euro).

Dengan Kane memimpin di Liga Inggris, Neymar di Ligue 1, dan Messi di La Liga, Paulo Dybala menjadi pemain termahal Serie A lewat 174,6 juta euro. Sedangkan Robert Lewandowski merupakan pemain tertinggi di Bundesliga dengan angka 107 juta euro.

3 dari 3 halaman

Harga Aktual

Di pasar aktual, Ronaldo kini menempati posisi enam klasemen. Dia sempat memuncaki daftar ketika Real Madrid menyetor 94 juta euro ke Manchester United untuk mendapatkan jasanya pada 2009.

Posisi Ronaldo digeser Bale ketika Los Blancos mengeluarkan 100 juta euro bagi pemain asal Wales itu, empat tahun berselang.

Video Populer

Foto Populer