Sukses


Barcelona Rugi Rp 2,8 Triliun pada Bursa Transfer Musim Ini

Bola.com, Barcelona - Barcelona mengalami kerugian yang cukup besar pada bursa transfer musim ini. Dalam dua jendela transfer, yakni musim panas 2017 dan musim dingin 2018, Barca rugi hingga 170 juta euro (Rp 2,8 triliun).

Berdasarkan data yang dirilis CIES Football Observatory, manajemen Blaugrana mengucurkan dana hingga 414 juta euro (Rp 6,8 triliun) untuk membeli sekitar tujuh pemain.

Ketujuh pemain tersebut adalah Marlon Santos dari Fluminense, Gerard Deulofeu dari Everton, Nelson Semedo dari Benfica, Paulinho dari Guangzhou Evergrande, Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund, Yerry Mina dari Palmeiras, dan Philippe Coutinhho dari Liverpool.

Akan tetapi, dana yang dikeluarkan untuk membeli pemain tak sesuai dengan jumlah yang didapat ketika menjual sejumlah nama. Los Cules hanya memperoleh 244 juta euro (Rp 4 triliun) setelah melepas tiga pemain dalam dua bursa transfer terakhir.

Ketiga pemain itu adalah Neymar ke Paris Saint-Germain, Cristian Tello ke Real Betis, dan Javier Mascherano ke Hebei China Fortune.

Alhasil, Barcelona rugi hingga 170 juta euro. Jumlah tersebut membuat Barca berada di urutan kelima daftar klub yang mengalami kerugian cukup besar dalam dua bursa transfer terakhir.

Sementara itu, Paris Saint-Germain menempati posisi teratas klub yang paling rugi pada bursa transfer musim ini. Keuangan manajemen Les Parisiens minus hingga 311 juta euro (Rp 5,1 triliun) setelah membeli dan menjual pemain.

Disusul Manchester City (246 juta euro; Rp 4 triliun), Manchester United (186 juta euro; Rp 3 triliun), dan AC Milan (184 juta euro; Rp 3 triliun) yang berturut-turut menempati urutan dua hingga empat klub yang mengalami kerugian pada dua bursa transfer terakhir.

Berikut ini adalah daftar klub di lima liga top Eropa yang mengalami kerugian cukup besar dalam bursa transfer musim ini

2 dari 3 halaman

Real Madrid Menerima Pemasukan Cukup Besar

Situasi berbeda terjadi pada Real Madrid. Los Blancos yang biasanya mengeluarkan dana besar dan mengalami kerugian pada bursa transfer, kali ini masuk dalam jajaran klub yang menerima pemasukan cukup besar.

Neraca keungan Madrid mendapatkan dana bersih sebesar 47 juta euro atau setara dengan Rp 783 miliar, setelah membeli dan menjual pemain pada bursa transfer musim panas 2017 dan musim dingin 2018.

El Real menghabiskan dana hingga 92 juta euro (Rp 1,5 triliun) untuk membeli dua pemain, yakni Theo Hernandez dari Atletico Madrid dan Dani Ceballos dari Real Betis.

Real Madrid juga menerima pemasukan 139 juta euro (Rp 2,3 triliun) hasil dari melego enam pemain. Keenam nama tersebut adalah James Rodriguez ke Bayern Munchen, Mariano Diaz ke Lyon, Alvaro Morata ke Chelsea, Danilo ke Manchester City, Diego Llorente ke Real Sociedad, dan Burgui ke Deportivo Alaves.

 

3 dari 3 halaman

AS Monaco Jadi Klub Paling Untung

Sementara itu, AS Monaco menjadi klub yang paling untung dalam dua bursa transfer terakhir. Monaco mendapatkan pemasukan bersih hingga 286 juta euro (Rp 4,7 triliun).

AS Monaco menghabiskan dana 130 juta euro (Rp 2,1 triliun) untuk mendatangkan delapan pemain, dan mendapatkan 416 juta euro (Rp 6,9 triliun) setelah melepas 10 pemain.

Berikut ini adalah daftar klub di lima liga top Eropa yang memperoleh keuntungan besar dalam bursa transfer musim ini:

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer