Sukses


    Cerita Viking Persib Mobile Store: Pernah Singgah di Zona Persija

    Bola.com, Bandung - Bandung memang sarangnya kreativitas, baik dalam budaya, musik, bisnis, maupun sepak bola. Contoh nyata adalah hasil kreativitas Viking Persib Club, yakni Viking Persib Mobile Store yang sering mangkal di Jalan Dalem Kaum, Bandung atau di sekitar Alun Alun Kota Bandung. 

    Viking sudah mempunyai toko untuk berjualan merchandise Persib untuk anggotanya dari tahun 2006 lalu. Seiring berjalannya waktu, permintaan akan pernak-pernik terus meningkat dan ide untuk jemput bola pun datang dari para petinggi-petinggi Viking. 

    “Mulanya dari tahun 2009, karena permintaan banyak jadinya kami ingin jemput bola. Ide membuat bus ini juga dari anggota. Kami semua anggota swadaya untuk beli bus dan dijadikan toko berjalan,” jelas manajer toko Viking Mobile Store, Abel Sastranegara kepada bola.com

    Barang-barang unik nan kreatif juga menjadi andalan dari Viking Persib Fanshop ini. Bahkan untuk memenuhi permintaan anggota dan bobotoh. Viking pun mementingkan kualitas desain dan produk. Hampir setiap bulan Viking mengeluarkan desain terbaru. 

    “Desain kami banyak yang baru. Shirt biru polos dengan lambang Persib ini banyak dicari oleh bobotoh yang biasanya masih kuliah. Kaus-kaus banyak desain baru banyak dicari juga sama bobotoh,” lanjut Abel yang sudah menjadi anggota Viking dari tahun 2000. 

    Ini dia pernak-pernik yang dijual di Viking Persib Fanshop. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

    Dengan berlimpahnya desain dan produk, sudah pasti omzet dari Viking Mobile Store ini pun bisa dibilang besar. Abel belum mau menyebut nominalnya, tapi pendapatan bisa dua kali lipat jika ada pertandingan Persib dan juga event-event lainnya di kota Bandung.

    Tak hanya untuk berjualan, Viking Persib Fanshop juga jadi tempat nongkrong atau menonton bareng siaran langsung pertandingan Persib.

    Yang menarik, Viking Mobile Store ini tak hanya mangkal di kota Bandung saja. Mobil yang identik dengan logo Viking dan Persib ini punya jargon ‘bukan jawara kandang’. Maka dari itu, mobil ini pun perah melakukan perjalanan ke luar Bandung menemani Persib menjalani laga tandang.

    “Yang paling berkesan adalah saat ke Jakarta pada Piala Presiden 2015. Dengan sampainya mobil ini ke Jakarta, maka kami bisa mengklaim bahwa kami adalah juara karena mampu hadir di Jakarta. Terbukti juga, Persib bisa meraih juara Piala Presiden di Stadion Utama Gelora Bung Karno,” tandas Abel.

    Momen tersebut cukup berkesan karena Stadion Utama Gelora Bung Karno dan wilayah Jakarta adalah markas Persija. Seperti diketahui, hubungan Viking dengan suporter Persija, The Jakmania tak harmonis. 

    Sejak 2015 hingga awal 2016, sudah dua kali suporter Persib bertandang ke Jakarta, yakni saat final Piala Presiden dan Torabika Bhayangkara Cup. Kedatangan suporter Persib Bandung ke ibu kota dengan pengawalan pihak kepolisian dan berjalan lancar.

    Video Populer

    Foto Populer