Duel Antarlini Persija Vs Madura United: Marko Simic Menebar Teror

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 17 Feb 2020, 08:15 WIB
Sejak 2018, Marko Simic telah menjebol dengan enam gol gawang Madura United di pentas Liga 1. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Madura United patut waspada. Di pertandingan semifinal Piala Gubernur Jatim 2020, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab tersebut akan menghadapi Persija Jakarta. Makin menyeramkan ketika tim ibu kota kembali mengandalkan Marko Simic untuk meneror gawang kiper lawan, yang kemungkinan dikawal Satria Tama.

Gawang Madura United begitu disukai oleh Marko Simic. Sejak berkiprah bersama Persija Jakarta pada 2018, penyerang asal Kroasia itu telah enam kali menggetarkan gawang Laskar Sape Kerrab dari empat pertandingan.

Advertisement

Marko Simic, yang berstatus sebagai top scorer sementara Piala Gubernur Jatim dengan empat gol, kembali menjadi musuh terbesar Madura United pada pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin hari ini (17/2/2020).

Sebaliknya, Madura United tidak punya modal berharga untuk menandingi ketajaman Marko Simic. Lini depan Laskar Sape Kerrab masih tumpul. Alberto Goncalves baru membuat sebiji gol, sementara Greg Nwokolo tak kunjung tajam.

Perbandingan lini depan kedua tim timpang. Untungnya, Madura United memiliki lini sayap yang dapat mengimbangi Persija Jakarta.

Berikut Bola.com membedah kekuatan lini per lini Persija serta Madura United:

Video

2 dari 4 halaman

Haris Tuharea Vs Riko Simanjuntak

Duel Sackie Doe (Persik) vs Haris Tuharea (Madura United) dalam Piala Gubernur Jatim di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan (12/2/2020). (Bola.com/Aditya Wany)

Pertarungan lini tengah kedua tim jauh lebih menarik. Madura United akan mengandalkan pemain sayap Haris Tuharea untuk mengacak-acak lini pertahanan lawan.

Peran Haris Tuharea begitu dirasakan Madura United. Mantan pemain PSS Sleman ini mampu menyumbangkan dua dari empat gol Laskar Sape Kerrab di Piala Gubernur Jatim.

Sementara itu, Persija kembali memercayai Riko Simanjuntak untuk merusak konsentrasi Jaimerson Xavier dkk. Pemain bertubuh mungil ini akan berkolaborasi dengan Novri Setiawan untuk memanjakan Marko Simic di lini depan.

3 dari 4 halaman

Menguji Ketangguhan Jaimerson Xavier dan Otavio Dutra

Striker Arema FC, Jonathan Bauman, berusaha melepaskan diri dari penjagaan dua pemain Persija Jakarta, Rohit Chand dan Otavio Dutra, dalam laga terakhir Grup B Piala Gubernur Jatim 2020, Sabtu (15/2/2020). Arema FC dan Persija bermain imbang 1-1 dalam laga ini. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Jaimerson Xavier lebih segar sebagai bek mengingat usianya masih 29 tahun. Namun, bek asal Brasil ini tidak memiliki pengalaman sebanyak Otavio Dutra.

Duo bek Negeri Samba ini akan sama-sama menggalang lini pertahanan Madura United dan Persija Jakarta. Sejauh ini, Dutra lebih unggul karena timnya baru kebobolan dua gol berbanding lima gol yang bersarang di gawang Laskar Sape Kerrab.

4 dari 4 halaman

Duel Kiper Cadangan

Kiper Persija, Shahar Ginanjar, merayakan kemenangan atas Persela pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pada laga terakhir di babak penyisihan, Persija Jakarta dan Madura United kompak menurunkan penjaga gawang pelapis.

Persija terpaksa menurunkan Shahar Ginanjar karena Andritany Ardhiyasa dipanggil gabung ke TC Timnas Indonesia. Untungnya, penampilan kiper berusia 29 tahun itu tidak mengecewakan karena tim ibu kota hanya kebobolan satu gol dari Arema.

Sementara itu, performa Satria Tama yang menggantikan Muhammad Ridho Djazulie, terbilang kurang meyakinkan. Eks kiper Timnas Indonesia U-22 ini kebobolan empat gol dari Persebaya Surabaya.

Berita Terkait