4 Bulan Sebelum Piala AFF, Timnas Indonesia U-16 Perlu Banyak Uji Coba

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 27 Feb 2020, 20:30 WIB
Bima Sakti Tukiman, pelatih Timnas Indonesia U-16. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-16 akan menutup pemusatan latihan di Yogyakarta dengan menjajal  Elite Pro Academy (EPA) PSS Sleman U-16 di Lapangan UII, Sleman, Jumat pagi (28/2/2020).

Selama 13 hari berlatih di Yogyakarta, banyak peningkatan yang dialami Timnas Indonesia U-16. Terutama dalam persiapan menghadapi Piala AFF U-16 2020, bulan Juli mendatang.

Advertisement

"Taktik, individu, cara bertahan grup, belakang, tengah, dan depan banyak mengalami peningkatan selama program di Yogyakarta. Untuk komposisi pemain tetap tim saat ini, mungkin ada beberapa posisi yang sifatnya tambal sulam," kata Bima Sakti.

Di sisi lain, Indonesia akan menjadi tuan rumah dengan menggelar turnamen ini di Sidoarjo, Jawa Timur. Piala AFF U-16 2020 menjadi ajang penting bagi Skuat Merah-Putih, sebelum tampil di Piala AFC U-16 pada September 2020.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, berharap tim asuhannya banyak mendapatkan pengalaman terutama dari negara lain dalam uji coba.

"Menghadapi Piala AFF U-16 yang kabarnya akan digelar bulan Juli, otomatis kami punya waktu empat bulan. Harapannya, kami banyak mengikuti uji coba dan turnamen di negara lain," ungkap Bima Sakti kepada Bola.com, Kamis (27/2/2020).

2 dari 2 halaman

Membantu Mematangkan Mental

Bima Sakti memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-16 di lapangan UII, Sleman (26/2/2020). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Menurut Bima Sakti, program pemusatan latihan terutama dengan bertanding di negara lain sangat membantu pemain dalam hal pematangan mental.

Ia mencontohkan seperti beberapa kesempatan sebelumnya, menempa pemain di luar negeri seperti ketika Marselinus Ferdinand dkk. digembleng di Myanmar, sebelum menghadapi kualifikasi Piala AFC U-16. Mereka mendapatkan banyak pelajaran dari Montenegro dan Korea Selatan.

Kemudian pada September tahun lalu, Timnas Indonesia U-16 mendapat tempaan di Qatar dengan menjajal tuan rumah serta Yordania dan Maladewa. Bima mengaku serangkaian uji coba tersebut berdampak sangat positif.

Berita Terkait