Prediksi Madura United Vs Barito Putera: Bidik Rekor Laga Perdana

oleh Aditya Wany diperbarui 29 Feb 2020, 06:45 WIB
Shopee Liga 1 - Madura United Vs Barito Putera (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Pamekasan - Madura United akan menghadapi Putera pada pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu malam (29/2/2020). 

Laga ini jadi langkah awal tim berjulukan Laskar Sape Kerrab setelah melakoni rentetan pertandingan pramusim. Dalam tujuh laga sebelumnya, mereka tampil kurang meyakinkan karena hanya menang tiga kali. 

Advertisement

Madura United juga perlu mewaspadai beberapa nama di skuat Barito Putera yang pernah membela tim dengan seragam loreng merah-putih. Di antaranya adalah stoper OK John dan striker Aleksandar Rakic yang pernah menjadi andalan tim kebanggaan masyarakat Madura itu. 

“Saya melihat ada empat pemain asing di Barito Putera. Kami juga mengenal ada salah satu pemain asing yang pernah membela Madura United. Saya rasa pemain lain juga punya kuailitas, seperti Rizky Pora,” kata pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

“Saya pikir pertandingan ini akan berjalan ketat. Tapi, saya harap pemain mampu mengendalikan dan mengantisipasi kelebihan Barito Putera,” imbuh pria yang merangkap jabatan sebagai manajer tim tersebut. 

Hasil pramusim Madura United sebenarnya agak mengecewakan. Pasalnya, dengan skuat yang mumpuni, mereka gagal mendulang banyak kemenangan. Mereka juga hanya mencapai semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 setelah kalah 1-2 dari Persija Jakarta. 

Rahmad menilai hasil pertandingan itu justru menjadi catatan penting untuk timnya. Selama pramusim, dia hanya mempersiapkan tim sekaligus mencoba komposisi yang tepat untuk kompetisi. 

“Saya harap masa persiapan bisa menjadi catatan buat kami. Dalam uji coba dan turnamen pramusim, saya harap bisa menjadi pembelajaran untuk pemain. Kami sudah mencoba beberapa skema yang kami ingin terapkan di liga,” ucap pelatih yang akrab disapa RD itu. 

Perbedaan mencolok Madura United terletak pada keberadaan gelandang Bruno Matos yang baru datang beberapa hari terakhir. Dia akan menyokong kinerja Beto Goncalves sebagai ujung tombak serangan tim.  

Video

2 dari 3 halaman

Djanur Memuji Madura United

Pelatih Barito Putra, Djadjang Nurdjaman, saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di sisi lain, pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, memandang calon lawannya ini sebagai tim kuat yang patut diperhitungkan. Pelatih yang akrab disapa Djanur itu memuji Madura United.

“Semuanya akan berjalan berat untuk bersaing di Liga 1. Tapi, Madura United termasuk klub favorit untuk berada di papan atas Liga 1. Secara materi mereka cukup bagus, tidak banyak berubah dibanding musim lalu,” tutur Djanur. 

Apalagi, Madura United selalu berhasil memetik hasil gemilang dalam laga perdana Liga 1 sejak 2017. Pada tiga edisi sebelumnya, mereka selalu mengawali kiprah di kasta tertinggi dengan kemenangan. 

“Kami mengantisipasi hasil positif Madura United di laga perdana Liga 1. Kami tahu mereka selalu berhasil menang di laga perdana. Makanya, pemain kami harus kerja keras, karena kami ingin mendapat poin meski berstatus tim tamu,” tutur mantan pelatih Persebaya dan Persib Bandung itu.

3 dari 3 halaman

Prakiran Susunan Pemain

Striker Madura United, Beto Goncalves, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persela Lamongan dalam laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (17/5/2019). Madura United menang 5-1 atas Persela dalam laga itu. (Bola.com/Aditya Wany)

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Fachruddin Aryanto, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Guntur Ariyadi, Bruno Matos (tengah); Emmanuel Oti, Beto Goncalves, Greg Nwokolo (depan).

Pelatih: Rahmad Darmawan 

Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan (kiper); Dandi Maulana, OK John, Cassio de Jesus, Reva Adi Utama (belakang); Danilo Sekulic, Yashir Islame, Bayu Pradana (tengah); Ilham Udin, Aleksandar Rakic, Rizky Pora (depan). 

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Berita Terkait