FIFA Berlakukan Peraturan Baru yang Bakal Bikin Chelsea Pusing

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 29 Feb 2020, 16:30 WIB
Gelandang Chelsea, Jorginho, bersama Cesar Azpilicueta merayakan gol ke gawang Arsenal pada laga Premier League di Stadion Emirates, London, Minggu (29/12). Arsenal kalah 1-2 dari Chelsea. (AFP/Ian Kington)

Bola.com, London - FIFA akan membatasi klub melakukan transaksi peminjaman pemain. Chelsea menjadi tim Premier League yang paling terancam karena jumlah pemain pinjaman terbanyak.

Lebih detail, FIFA hanya memperbolehkan sebuah klub melakukan transaki peminjaman, baik itu meminjam mau pun meminjamkan sebanyak delapan pemain berusia di atas 22 tahun mulai musim depan.

Advertisement

Lalu, pada musim 2022-2023, jumlahnya kembali dikurangi menjadi enam saja. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa peminjaman memang benar-benar berguna untuk perkembangan pemain muda.

Musim ini, Premier League masih memperbolehkan maksimal dua pemain pinjaman untuk didaftarkan. Klub-klub juga hanya diperbolehkan mendaftarkan empat pemain pinjaman dalam satu musim.

Misalnya, pemain A dan B sudah didaftarkan pada awal musim, maka klub tidak bisa mendaftarkan pemain C, D, dan seterusnya, kecuali pemain A dan B dikembalikan ke klub asalnya alias tidak didaftarkan lagi. Itu pun, jumlah total pemain yang didaftarkan tak boleh lebih dari empat pemain.

Sementara itu, jumlah pemain yang dipinjamkan ke klub lain jumlahnya tak dibatasi. Dengan begini, Chelsea harus mengubah kebijakan transfernya mulai musim depan.

Video

2 dari 3 halaman

Chelsea Terbanyak

Gelandang Chelsea, Christian Pulisic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Burnley pada laga Premier League di Stadion Turf Moor, Burnley, Sabtu (26/10). Burnley kalah 2-4 dari Chelsea. (AP/Anthony Devlin)

Musim ini, Chelsea total memiliki 28 pemain yang dipinjamkan. Lebih dari setengahnya, yakni 15 pemain, berusia 22 tahun atau lebih.

Mereka meminjamkan beberapa pemain musim ini, seperti Davide Zappacosta di Roma, Victor Moses di Inter Milan, Tiemoue Bakayoko di Monaco, dan Alvaro Morata di Atletico Madrid. Mereka dilaporkan bakal dipermanenkan.

Keempatnya merupakan bagian dari 11 pemain yang dipinjamkan oleh klub non-Liga Inggris. Sisanya, tersebar Liga Inggris.

Jumlah 28 pemain yang dipinjamkan merupakan yang terbanyak di antara klub lain di Premier League. Dengan adanya peraturan FIFA terbaru, maka Chelsea harus memutar otak mencari strategi transfer guna menghadapi hal tersebut.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Chelsea Berusia di Atas 22 Tahun yang Sedang Dipinjamkan

Pemain sayap Inter Milan, Victor Moses berebut bola dengan pemain Ludogorets, Dragog Grigore dalam leg pertama 32 besar Liga Europa di Huvepharma Arena, Kamis (20/2/2020). Inter Milan sukses membawa pulang kemenangan usai mengalahkan tuan rumah Ludogorets 2-0. (AP/Vadim Ghirda)

Jamal Blackman (26) - Bristol Rovers

Jake Clarke-Salter (22) - Birmingham

Matt Miazga (24) - Reading

Baba Rahman (25) - RCD Mallorca

Davide Zappacosta (27) - Roma

Tiemoue Bakayoko (25) - Monaco

Danny Drinkwater (29) - Aston Villa

Kenedy (24) - Getafe

Victor Moses (29) - Inter Milan

Charly Musonda (23) - Vitesse

Nathan (23) - Atletico Mineiro

Mario Pasalic (25) - Atalanta

Lucas Piazon (26) - Rio

AveIzzy Brown (23) - Luton Town

Alvaro Morata (27) - Atletico Madrid

Berita Terkait