Quartararo Ungkap Video Balapan yang Sering Ditonton saat Karantina akibat Wabah Virus Corona

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 26 Mar 2020, 12:45 WIB
Fabio Quartararo ingin seperti Mbappe di MotoGP (Mohd RASFAN / AFP)

Bola.com, Andorra - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menghabiskan waktu di rumahnya di Andorra, di tengah pandemi virus corona yang melanda dunia. Selain tetap berlatih untuk menjaga kebugaran tubuh, pembalap asal Prancis itu juga menghabiskan waktu dengan menonton beberapa rekaman video balapan untuk dianalisis. 

MotoGP 2020 hingga kini belum bergulir karena terpengaruh wabah COVID-19. Belum ada kepastian kapan seri pembuka bisa digelar. Saat ini, penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia belum menunjukkan tanda-tanda menurun. 

Advertisement

Alhasil, Fabio Quartararo hanya bisa menunggu perkembangan kondisi dengan menghabiskan waktu di rumah, sesuai dengan arahan untuk menjaga jarak di tengah pandemi virus corona. 

"Saya menghabiskan waktu di rumah dengan berlatih supaya membuat tubuh tetap bugar. Saya berusaha menjaga makanan dan seperti itulah. Saya tak bisa melakukan banyak hal pada situasi seperti ini," kata Quartararo, dilansir GP One, Rabu (25/3/2020). 

"Selain menonton Netflix, film, dan membaca buku, saya menelepon keluarga dan teman-teman, bermain Playstation, dan membereskan rumah serta garasi," imbuh rookie terbaik MotoGP 2019 tersebut. 

Quartararo juga berusaha menganalisis penampilannya dengan menonton rekaman-rekaman penampilannya. Ternyata, bukan sesi balapan yang paling sering ditontonnya. 

"Saya tak banyak menonton rekaman balapan, tetap malah lebih banyak menonton sesi latihan ketika saya bisa jadi yang tercepat atau lap di mana saya merasa bangga, seperti saat kualifikasi di Jerez," ujar Fabio Quartararo

 

2 dari 2 halaman

Tak Tahu Kapan MotoGP 2020 Bergulir

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berusaha mengejar Fabio Quartararo, pada MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10). Pembalap asal Spanyol itu menyudahi balapan 26 lap dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Saat ditanya tentang kapan kemungkinan balapan bisa bergulir, Fabio Quartararo mengaku tak punya jawaban. Saat ini dia hanya bisa menunggu sembari menjaga kondisi tubuh agar sewaktu-waktu siap ketika balapan bergulir. 

"Saya baik-baik saja, saya di rumah di Andorra dan saya berlatih. Situasinya sama seperti di berbagai belahan Eropa lainya. Kami dikarantina total, saya berusaha sebisa mungkin tak keluar," ujar Quartararo. 

"Kami tak tahu kapan perlombaan akan dimulai, tapi kami harus 100 persen fit dan siap untuk balapan pertama. Jadi saya berlatih keras. Saya tak sabar memulai musim baru," imbuh dia. 

Quartararo juga menyampaikan pesan khusus untuk para penggemarnya yang saat ini menghadapi pandemi virus corona. 

"Saya rasa hal terpenting adalah tetap di rumah. Saya tahu itu membosankan. Saya senang pergi ke luar, suka berlatih, nonton film, tapi solusi terbaik tetap di rumah dan menjaga keselamatan. Ini pesan yang ingin saya bagi ke semua orang. Jangan lupa cuci tangan, berusaha menjaga jarak, dan tak ada kontak fisik dengan orang-orang. Itu yang terpenting pada periode ini. Kami harus lebih bertanggung jawab," tegas Quartararo. 

Sumber: GP ONe