Perhatikan Momen Tepat untuk Berjemur selama Pandemi Virus Corona Demi Dapatkan Asupan Vitamin D

oleh Hendry Wibowo diperbarui 26 Mar 2020, 22:30 WIB
berjemur sinar matahari | unsplash.com/@tomasalas

Bola.com, Jakarta - Seperti yang kamu tahu bahwa paparan sinar matahari di siang hari cenderung memiliki pengaruh negatif, terutama bagi kulit, namun apakah ada perbedaan di tengah pandemi virus Corona saat ini?

Paparan sinar UV yang terlalu banyak dapat menyebabkan kerutan dan noda gelap pada kulit. Tidak hanya itu, sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kanker kulit.

Advertisement

Namun, aktivitas berjemur yang dipraktikan dengan cara yang tepat justru dapat membuat tubuh mendapatkan vitamin D, terutama di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini.

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit, seperti COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona.

Dilansir dari tiege.com, Kamis (26/3/2020), kadar vitamin D yang rendah telah banyak dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti kardiovaskular.

2 dari 2 halaman

Waktu Terbaik dan Manfaat Berjemur Selama Pandemi Virus Corona

Sejumlah warga Inggris bersantai di atas rumput sambil menikmati sinar matahari di Green Park, London, Senin (25/6). Pada Juli 2018, suhu di ibu kota London tercatat 29.1 derajat Celcius dan diprediksi akan mencapai 30 derajat Celcius. (AFP/Tolga Akmen)

Vitamin D bahkan dikatakan dapat mencegah penyakit kanker dan penurunan kognitif pada orang tua.

Sayangnya, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutics pada tahun 2012, setengah populasi manusia di dunia masih kekurangan vitamin D.

Tengah hari, mulai dari jam 10 hingga jam 11 siang dikatakan merupakan waktu terbaik untuk berjemur. Jika kamu rutin berjemur di waktu yang tepat ini, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup.

Rentang waktunya pun hanya antara 10 sampai 15 menit saja untuk mencegah kerusakan atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan SPF guna melindungi kulit selama berjemur. Selamat mencoba!

Sumber: fimela.com

Disadur dari: fimela.com (Annissa Wulan, Puublished 26/03/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.