Kenali 3 Bahaya Disinfektan bila Disemprotkan Sembarangan

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 31 Mar 2020, 16:30 WIB
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Kegiatan ini guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 antar tahanan maupun sipir penjara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Bola.com, Jakarta - Berbagai tindakan pencegahan guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona terus dilakukan di seluruh dunia. Salah satunya adalah penyemprotan cairan disinfektan yang sedang digalakkan di seluruh wilayah di tengah pandemi COVID-19.

Tidak hanya dilakukan oleh instansi resmi Pemerintah, namun masyarakat juga berlomba-lomba untuk membuat cairan disinfektan sendiri guna membunuh virus corona yang diduga dapat hidup hingga tiga hari pada permukaan benda.

Advertisement

Penyemprotan pun dilakukan di tempat-tempat yang memiliki intensitas tinggi terhadap kontak dan interaksi langsung dengan banyak orang seperti fasilitas umum, perkantoran, hingga pemukiman warga.

Namun, tidak banyak diketahui bahwa cairan disinfektan ini sebenarnya memiliki dampak yang buruk apabila bersentuhan langsung dengan manusia.

Penggunaan cairan disinfektan ini pertama kali dilakukan Pemerintah Indonesia secara resmi pada penerimaan WNI (Warga Negara Indonesia) yang telah kembali dari Wuhan, kota episenter virus corona.

Pada saat itu, Pemerintah berhasil mengevakuasi sebanyak 237 WNI dan 1 WNA (Warga Negara Asing) pada tanggal 12 Februari 2020 yang lalu. P

roses evakuasi ini menggunakan pesawat Batik Air dan tiba di Bandara Hang Nadim, Batam untuk selanjutnya dilakukan prosedur karantina selama 14 hari seperti rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Saat seluruh penumpang turun dari pesawat, petugas yang mengenakan alat perlindungan diri (APD) telah bersiap untuk menyemprotkan cairan disinfektan. Penyemprotan cairan disinfektan ini dirasa oleh banyak pihak menuai banyak kontroversi. Sebab, keamanan serta keefektifan dari cairan disinfektan bagi manusia ini belum terbukti.

Video

2 dari 5 halaman

Kandungan Senyawa

Peralatan petugas berjajar saat akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (21/3/2020). Kementerian PUPR menyiapkan menara 1, 3, 6, dan 7 sebagai rumah sakit darurat virus corona COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kandungan senyawa yang terkandung di dalam cairan disinfektan ini beragam di antaranya adalah senyawa chlorin, hydrogen peroksida, creosote, aldehid, quaternary ammonium compunds (quats), idiofor, dan alkohol. Selain itu, cairan disinfektan pada dasarnya memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan biosida dengan kadar yang cukup tinggi.

Merujuk pada Klikdokter, formula untuk membuat cairan disinfektan ini harus terdaftar pada badan EPA (Environmental Protection Agency). Senyawa yang terformulasikan dalam cairan disinfektan ini bekerja dengan cara merusak sel tubuh kuman, bakteri, dan virus.

Oleh karena itu, cairan disinfektan lebih efektif digunakan dan diaplikasikan pada permukaan benda-benda yang ada di sekitar. Penyemprotan cairan disinfektan ini dapat dilakukan pada benda-benda yang sering terjamah oleh manusia seperti gagang pintu, toilet, meja, kursi, saklar lampu, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Gangguan Pernapasan

ilustrasi sesak napas (sumber: iStockphoto)

Beberapa kandungan senyawa yang terdapat pada cairan disinfektan disinyalir dapat menimbulkan gangguan kesehatan apabila terhirup. Tubuh manusia akan merespon hal tersebut apabila terjadi dalam jangka waktu yang pendek dengan mengeluarkan zat beracun tersebut melalui sistem metabolisme tubuh.

Namun, apabila tindakan tersebut dilakukan secara jangka panjang, maka sistem pertahanan tubuh perlahan akan menurun dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada sistem pernapasan. Sebab, cairan disinfektan sangatlah berpotensi untuk terhirup secara tidak sadar ketika disemprotkan secara langsung pada tubuh manusia.

Untuk itu, hindari penyemprotan cairan disinfektan secara berulang-ulang untuk menghilangkan dan mematikan virus coronacovid-19. Cukup cuci tangan untuk menangkal penyebaran virus corona covid-19 secara rutin pada waktu-waktu yang penting.

Dengan metode cuci tangan, Anda dapat mengoptimalkan tindakan pencegahan melalui cara yang aman dan meminimalisir munculnya gangguan kesehatan lain.

4 dari 5 halaman

Keracunan

Selain gangguan pernapasan, gangguan pencernaan juga merupakan gejala virus corona (sumber foto: pixabay)

Cairan disinfektan dirasa tidak efektif untuk membunuh virus, kuman, dan bakteri apabila disemprotkan secara langsung ke tubuh manusia. Sebab, cairan disinfektan hanya mampu menyentuh bagian luar tubuh manusia dan pakaian serta benda yang menempel pada tubuh.

Padahal, virus, kuman, dan bakteri mungkin telah masuk dan menginfeksi sel-sel di dalam tubuh. Untuk itu, cairan disinfektan sebaiknya tidak disarankan untuk disemprotkan langsung pada tubuh manusia.

Bukan mematikan virus, langkah tersebut justru mungkin akan memicu masalah kesehatan lainnya pada manusia seperti keracunan apabila tertelan. Untuk itu, hindari untuk menyentuh mulut ketika terjadi kontak dengan cairan disinfektan.

Selalu tutup segitiga wajah apabila Anda keluar rumah. Anda dapat menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan terhadap dampak buruk penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat umum.

5 dari 5 halaman

Bahaya untuk Mata, Hidung, dan Kulit

Cara Atasi Hidung Mampet Tidak Kunjung Sembuh Akibat Flu

Dilansir dari Liputan6, kandungan lysol yang dapat ditambahkan ke dalam cairan disinfektan dapat menimbulkan alergi dan sangat berbahaya apabila terhirup, tertelan, atau kontak dengan mata dan kulit.

Selain itu, melalui akun Twitter, WHO Indonesia pada tanggal 29 Maret 2020 yang lalu mengingatkan untuk tidak menyemprotkan cairan disinfektan secara langsung ke tubuh manusia. Sebab, kandungan yang ada pada cairan disinfektan dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila terkena selaput lendir seperti mata dan mulut.

#Indonesia, jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dengan tepat," demikian pernyataan WHO Indonesia.

Sumber: WHO, Kemenkes, Liputan6.com

Disadur dari: Merdeka.com (Mutiara Anggraini, published 31/3/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.