Keluh Kesah Lionel Messi Selama Pandemi Corona

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 28 Mei 2020, 19:15 WIB
Kapten timnas Argentina, Lionel Messi berjalan di lapangan pada akhir pertandingan Grup D Piala Dunia 2018 melawan Kroasia di Nizhy Novgorod Stadium, Rusia, Jumat (22/6). Messi tidak melakukan satu tendangan pun hingga menit ke-64. (AP/Ricardo Mazalan)

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi merasa tidak nyaman dengan situasi yang tak menentu karena pandemi virus corona COVID-19. Bintang Barcelona itu khawatir akan perkembangan sepak bola.

Merebaknya virus corona di Eropa membuat banyak kompetisi sepak bola lumpuh. Eredivisie dan Ligue 1 bahkan sampai sepakat menghentikan musim 2019-2020 secara dini karena adanya larangan pemerintah melanjutkan kompetisi.

Advertisement

Beberapa kompetisi besar Eropa lain, seperti La Liga dan Premier League, masih memiliki harapan. Dari kabar yang beredar, penyelenggara masih mengupayakan agar kompetisi 2019/20 bisa dilanjutkan kembali dalam waktu dekat.

Namun, tidak seperti Bundesliga yang sedang berlangsung, La Liga dan Premier League masih dinaungi ketidakpastian. Rencana digelarnya kembali musim 2019/20 bisa dihentikan secara mendadak andai kasus virus Corona di Spanyol dan Inggris bertambah secara masif.

Setelah berlatih di rumah selama berbulan-bulan, pemain sekarang mulai diperbolehkan menggunakan fasilitas klub. Selain itu mereka juga bisa mengikuti sesi latihan dengan mematuhi aturan social distancing yang berlaku.

Di Spanyol, klub hanya diperbolehkan melakukan latihan dalam bentuk kelompok kecil. Regulasi ini diterapkan untuk meminimalisir kontak fisik yang bisa membuat virus pindah dari satu tubuh ke lainnya.

Kembalinya sesi latihan ini memberikan sedikit harapan, paling tidak untuk industri sepak bola yang sedang mati suri. Kendati demikian, hal ini tidak mengurangi rasa khawatir dari seorang Lionel Messi.

"Tak pernah mudah rasanya hidup atau bekerja dengan begitu banyak ketidakpastian dan terutama dalam situasi khusus seperti virus corona ini. Kami semua ingin tahu kapan bisa berlatih serta bermain lagi," ujar Messi kepada Sport.

Video

2 dari 2 halaman

Tak Terbayangkan

Striker Barcelona, Lionel Messi, dengan menggunakan masker dan sarung tangan tiba di Pusat Latihan Barcelona, Rabu (7/5/2020). Para pemain melakukan tes Covid-19 sebelum menjalani latihan secara penuh. (AFP/Miguel Ruiz)

Situasi seperti ini tidak pernah terlintas dalam benak Messi. Dan penyerang asal Argentina itu juga yakin kalau semua pesepakbola dari berbagai dunia memikirkan hal yang sama dengan dirinya.

"Saya tidak yakin siapapun bisa menduga hal semacam ini," tambah pria yang berasal dari akademi Barcelona bernama La Masia tersebut.

"Ada orang-orang yang berbicara soal pandemi ini, tapi tak ada satupun yang bisa membayangkan apa yang terjadi atau dampak luar biasa terhadap seluruh dunia," pungkasnya.

Ya, pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat dunia. Masalah ini juga mengganggu jalannya perekonomian termasuk sepak bola yang kerap melibatkan uang berjumlah besar.

 

Sumber asli: Sport

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 28/5/2020)

Berita Terkait