Gaji Dipotong 50 Persen, Shin Tae-yong Kembali ke Indonesia Bulan Depan

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 05 Jun 2020, 12:45 WIB
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, menyaksikan laga PSM Makassar kontra Kaya FC-Iloilo pada laga Piala AFC di Stadion Madya, Selasa (10/3/2020). Shin Tae-yong memantau pemain yang akan dibawa untuk pemusatan latihan jilid dua. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada Juli 2020. Saat ini, arsitek berusia 51 tahun tersebut tengah berada di kampung halamannya, Korea Selatan.

Shin Tae-yong telah meninggalkan Indonesia sejak April 2020. Pelatih kelahiran 11 Oktober 1970 itu pulang ke Korea Selatan setelah aktivitasnya bersama timnas berhenti total akibat pandemi virus corona.

Advertisement

Shin Tae-yong akan kembali ke Indonesia bersama para asistennya yang juga berasal dari Korea Selatan. Mereka terdiri dari Kim Woo-jae, Gong Oh-kyun, Kim Hae-woon (pelatih kiper), dan Lee Jae-hong (pelatih fisik).

"Berdasarkan rencana yang dibuat oleh PSSI terkait dengan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan kawan-kawan akan kembali ke Indonesia pada Juli 2020 untuk persiapan Timnas Indonesia," kata Mochamad Iriawan, Ketua PSSI.

Setelah sempat tanpa aktivitas setelah pulang ke Korea Selatan, Shin Tae-yong kembali bekerja untuk Timnas Indonesia pada ramadan lalu. Arsitek kelahiran Geyongbuk ini memimpin pemusatan latihan (training centre) timnas U-19 secara virtual.

Video

2 dari 2 halaman

Gaji Dipotong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). Untuk meningkatkan performa kiper, Shin Tae-yong menambah porsi waktu latihan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Iriawan menuturkan, Shin Tae-yong tidak akan langsung bekerja setibanya di Indonesia nanti. Pasalnya, pihaknya belum merumuskan kegiatan untuk Timnas Indonesia, baik senior maupun kelompok usia.

"Shin Tae-yong dan kawan-kawan saat ini menunggu keputusan PSSI terkait kelanjutan untuk TC Timnas Indonesia. Jadi belum bisa memastikan tanggal pastinya," imbuh Iriawan.

Iriawan juga memastikan telah memotong gaji Shin Tae-yong beserta para asistennya sebesar 50 persen. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini disebutkannya memahami kebijakan tersebut.

"Sudah sepakat, dipotong semua 50 persen dan mereka menerima keputusan yang dilakukan oleh PSSI ini. Tidak hanya Shin Tae-yong saja, seluruh staf pelatih Timnas Indonesia juga sudah dilakukan penyesuaian," imbuh pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini.

Berita Terkait