5 Catatan Setelah Barcelona Tergelincir Lagi

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 01 Jul 2020, 17:00 WIB
Pemain Atletico Madrid Saul mencetak gol ke gawang Barcelona pada pertandingan La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Selasa (30/6/2020). Barcelona bermain imbang 2-2 melawan Atletico Madrid. (AP Photo/Joan Monfort)

Bola.com, Barcelona - Barcelona belum mampu bangkit dari situasi sulit. Saat menjalani laga krusial melawan Atletico Madrid, klub asal Catalan hanya mendapat hasil imbang. Gelar juara La Liga pun nampak makin sulit diraih.

Barcelona hanya bermain imbang 2-2 kala menjamu Atletico Madrid di Camp Nou dalam laga La Liga 2019-2020 jornada 33, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB.

Advertisement

Barca unggul berkat gol bunuh diri Diego Costa, tapi bisa disamakan oleh penalti Saul Niguez. Messi membawa Blaugrana kembali memimpin lewat eksekusi penalti panenka. Namun, Saul lagi-lagi menyamakan skor, lagi-lagi lewat titik putih.

Berkat hasil ini, Barca harus puas tertahan di peringkat dua klasemen dengan poin 70, tertinggal satu angka dari Real Madrid di puncak. Jarak poin bisa menjadi empat andai Real Madrid menang lawan Getafe.

Lantas, hal penting apa saja yang terjadi pada laga Barcelona vs Atletico Madrid?

Video

2 dari 6 halaman

Penalti

Pemain Atletico Madrid Saul mencetak gol ke gawang Barcelona pada pertandingan La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Selasa (30/6/2020). Barcelona bermain imbang 2-2 melawan Atletico Madrid. (AP Photo/Joan Monfort)

Penalti. Ada empat penalti yang terjadi pada laga Barcelona melawan Atletico Madrid. Barcelona mendapat satu penalti dan Atletico tiga kali melakukan tendangan penalti.

Penalti pertama didapat Atletico pada menit ke-11. Eksekusi Diego Costa gagal, tetapi harus diulang karena Marc-Andre ter Stegen dianggap melewati garis. Lalui, Saul Niguez menggantikan tugas Diego Costa dan sukses.

Barcelona kemudian mendapat penalti saat Nelson Semedo dijatuhkan Felipe di kotak penalti. Lionel Messi -dengan teknik panenka- menjalankan tugas dengan baik.

Atletico kembali mendapat penalti pada menit ke-61. Yannick Carrasco dianggap dijatuhkan Semedo. Saul Niguez untuk kedua kali membobol gawang Marc-Andre ter Stegen.

3 dari 6 halaman

Ke Mana Arthur dan Griezmann?

Barcelona mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Selasa (30/6/2020). Barcelona bermain imbang 2-2 melawan Atletico Madrid. (AP Photo/Joan Monfort)

Quique Setien membuat keputusan unik terkait susunan pemain melawan Atletico, khususnya di lini depan. Arturo Vidal dimainkan untuk mendampingi Lionel Messi dan Luis Suarez sebagai trio penyerang.

Arturo Vidal adalah gelandang. Di bangku cadangan, Quique Setien sebenarnya masih punya Ansu Fati dan Antoine Griezmann. Namun, keduanya baru dimainkan pada akhir laga dan tak membuat perubahan besar.

Quique Setien juga memilih tidak lagi memainkan Arthur. Dia memang masuk skuad, tetapi hanya duduk manis di bangku cadangan. Quique Setien lebih memilih memainkan Riqui Puig, pemain jebolan La Masia.

4 dari 6 halaman

Gol ke-700 Lionel Messi

Lionel Messi dengan potongan rambut baru saat pemanasan jelang melawan Atletico Madrid (30/6/2020). (AFP/Lluis Gene)

Barcelona memang gagal menang dan kini dalam situasi sulit. Akan tetapi, ada sedikit kabar baik untuk klub asal Catalan. Sang kapten tim, Lionel Messi, mencatatkan gol ke-700 dalam karir profesional di semua kompetisi.

Lionel Messi mencetak gol lewat eksekusi penalti. Kini, hanya ada dua pemain aktif yang mencetak 700 gol atau lebih. Selain Lionel Messi, ada nama Cristiano Ronaldo.

Hanya saja, belakangan Lionel Messi disebut punya masalah dengan tim pelatih Barcelona. Komunikasinya dengan Quique Setien tidak cukup bagus.

5 dari 6 halaman

Real Madrid Juara La Liga?

10. Zinedine Zidane - Mantan Pelatih Real Madrid. (AFP/Matthias Balk)

Setelah imbang lawan Celta Vigo akhir pekan lalu, Barcelona kini ditahan imbang Atletico Madrid. Hasil ini membuat mereka harus tersingkir dari posisi puncak klasemen La Liga 2019/2020.

Saat La Liga 2019/2020 dilanjutkan pasca lockdown, Barcelona berada di puncak klasemen dengan keunggulan dua poin dari Real Madrid. Kini, setelah memainkan enam laga, Barcelona turun ke posisi kedua dan tertinggal satu poin.

Andai Real Madrid menang lawan Getafe (3/7/2020) maka jarak poin bakal menjadi empat. Hanya lima laga tersisa bagi Barcelona untuk berupaya mempertahankan gelar La Liga, apakah mampu?

6 dari 6 halaman

Setien Segera Didepak?

Pelatih Barcelona Quique Setien (tengah) memberi isyarat saat menghadapi Atletico Madrid pada pertandingan La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Selasa (30/6/2020). Barcelona bermain imbang 2-2 melawan Atletico Madrid. (AP Photo/Joan Monfort)

Sebelum melawan Atletico Madrid, publik sudah menyoroti posisi Quique Setien sebagai pelatih Barcelona. Dia disebut tidak lagi punya hubungan baik dengan pemain. Quique Setien pun mengakuinya.

Hasil imbang lawan Atletico agaknya bakal membuat posisi Quique Setien makin sulit. Bukan tidak mungkin dia akan bernasib sama dengan Ernesto Valverde.

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari pihak Barcelona terkait masa depan Quique Setien.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 1/7/2020)

Berita Terkait