Aksi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada semifinal All England 2020, Sabtu (14/3/2020). (PBSI)

Selalu Mendapat Tekanan Tampil Sempurna, Begini Cara Kevin / Marcus Menghadapinya

Oleh Yus Mei Sawitri pada 02 Agu 2020, 08:30 WIB

Bola.com, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon adalah ganda putra terbaik dunia saat ini dan menjadi tulang punggung bulutangkis Indonesia dalam memburu berbagai gelar bergengsi. Ganda putra berjuluk Minions itu mengakui selama ini ada tekanan karena memikul harapan besar dari publik. 

Di setiap turnamen, Kevin/Marcus selalu diharapkan membawa pulang medali juara. Harapan menjulang tinggi karena mereka sudah lama bercokol di peringkat satu dunia dan bergelimang berbagai gelar. 

Advertisement

Namun, koleksi gelar mereka belum bisa dibilang lengkap. Kevin/Marcus belum pernah menjuarai dua event paling bergengsi di kancah bulutangkis, yaitu Kejuaraan Dunia dan Olimpiade. 

"Kami dulu tidak langsung bagus juga, awal-awal ada beberapa turnamen yang gagal dan gagal. Kami kemudian melalukan evaluasi. Baru pada mulai 2016 awal mulai kelihatan hasilnya," kata Marcus mengenang awal-awal karier mereka, seperti dilansir Olympic Channel, Jumat (31/7/2020). 

"Sewaktu belum nomor satu dunia, tidak ada tekanan. Kalau menang dibilang kejutan, kalau kalah tidak apa-apa, normal. Kalau sekarang kalau kalah di final pun dibilang gagal. Tekanan ada, dari mana-mana," imbuh Marcus.

Tapi, Kevin/Marcus emoh terlalu terbebani dengan tekanan yang mengiringi setiap langkah mereka. Mereka berusaha menikmati setiap proses yang dilalui. 

"Kami berusaha menikmati setiap proses pertandingan. Menang dinikmati, kalah juga dinikmati. Ekspektasi terhadap kami sangat tinggi, tapi menang-kalah kami berdua yang merasakan. Yang penting kami sudah berusaha sebaik mungkin," tutur Kevin. 

 

2 dari 3 halaman

Andalan di Olimpiade

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memenangkan Fuzhou China Open 2019. (Dok PBSI)

Kevin/Marcus digandang-gadang menjadi andalan Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Mereka diharapkan menyumbangkan medali emas, yang menjadi tradisi bulutangkis di Olimpiade sejak 1992. Bulutangkis hanya gagal mempersembahkan medali emas pada Olimpiade London 2012. 

Namun, harapan publik melihat debut Minions di kancah olimpiade terpaksa tertunda. Olimpiade Tokyo diundur tahun depan karena pandemi virus corona. 

Kini, Kevin/Marcus punya waktu yang masih cukup panjang untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi demi medali emas Olimpiade Tokyo. 

Sumber: Olympic Channel

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Berita Terkait