Sukses


8 Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu, Kenali Sedini Mungkin

Bola.com, Jakarta - Usus buntu merupakan organ dengan bentuk seperti kantong kecil dengan ukuran sekitar 5 cm hingga 10 cm, terhubung ke usus besar.

Penyakit usus buntu atau apendisitis dalam istilah medisnya, adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Kondisi ini disebabkan oleh penyumbatan di usus.

Penyakit usus buntu dapat terjadi pada siapa saja, laki-laki perempuan, tua maupun muda, anak serta dewasa. Meski, paling terjadi pada usia 10-30 tahun.

Seseorang yang mengidap penyakit usus buntu akan merasa nyeri di perut sebelah kanan bagian bawah. Dalam beberapa kasus, nyeri itu dirasakan sangat hebat sehingga bisa membahayakan para pengidap.

Itulah mengapa, kamu harus mengetahui gejala atau ciri-ciri penyakit usus buntu sejak awal. Tujuannya, untuk mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat dan memperkecil risiko komplikasi.

Lantaran jika terlambat diketahui, bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk, yakni pecahnya usus buntu yang berakibat infeksi berat.

Berikut ini ciri-ciri penyakit usus buntu yang perlu Anda ketahui, dirangkum dari Klikdokter dan Merdeka, Senin (3/8/2020).

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Usus Buntu

Mengetahui perbedaan sakit perut biasa dan sakit perut akibat usus buntu bisa membantumu mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, menjelaskan gejala awal radang usus buntu sering dirasakan di bagian ulu hati atau sekitar pusar, lalu berpindah ke bagian perut kanan bawah beberapa jam kemudian. Ciri khasnya adalah nyeri yang sangat hebat sehingga pengidapnya sulit berdiri dan berjalan.

Nyeri tumpul di dekat pusar atau perut bagian atas yang bergerak menjalar ke perut kanan bawah biasanya merupakan tanda awal dari usus buntu. Kondisi ini kemudian disertai dengan

1. Kehilangan selera makan

2. Mual dan muntah segera setelah sakit perut dimulai

Gejala lain usus buntu adalah rasa mual yang dibarengi dengan muntah. Awalnya, ciri ini mungkin terlihat seperti penyakit lainnya yang lebih ringan, namun jika hal ini tidak berhenti hingga lebih dari 12 jam, Anda harus pergi ke dokter secepatnya.

3. Perut kembung dan sering buang gas

Kembung dan sering buang gas tak tampak seperti gejala penyakit berbahaya. Namun, jika keadaan ini diikuti dengan rasa sakit pada perut bagian bawah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Usus Buntu

4. Demam dari 37,6°-39°C

Usus buntu biasanya dibarengi dengan demam, bersamaan dengan rasa sakit pada bagian perut. Ketika situasi dan keadaan makin parah, demam pun makin tinggi.

5. Nyeri seperti ditusuk di perut bagian atas atau bawah yang menjalar ke punggung atau rektum

Untuk mengecek apakah kamu memiliki usus buntu, coba tekan perut bagian bawah sebelah kanan, kemudian lepaskan. Jika Anda mengalami rasa sakit saat tekanan dilepas, itu merupakan gejala usus buntu.

6. Nyeri buang air kecil

7. Keram otot perut

8. Sembelit atau diare

Dalam banyak kasus usus buntu, sakit perut yang parah biasanya bersamaan dengan diare. Kotoran yang dikeluarkan biasanya juga mengandung lendir. Jika ini yang terjadi pada Anda, segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/5/2019), Merdeka.com (Penulis: Kun Sila Ananda, Published: 22/12/2013)

Video Populer

Foto Populer